Manfaat Daun Sirsak untuk Penderita Diabetes

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi Anda penderita Diabetes yang sering bingung memilih atau memilah obat apa yang cocok dan aman jika dikonsumsi untuk menyembuhkan penyakit Anda. Ada satu jenis tanaman biasa yang jika dikonsumsi bagi penderita diabetes dapat membantu menurunkan kadar insulin yang tinggi dalam tubuh, tanaman itu adalah daun sirsak, daun dari buh berwarna putih ini ternyata memiliki banyak kandungan bermanfaat salah satunya adalah untuk penyakit diabetes.

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang cukup sulit diatasi saat sudah mulai parah. Apalagi saat ini diabetes dianggap sebagai salah satu penyakit berat, karena risiko terburuknya adalah kematian. Pada umumnya selain dikarenakan oleh faktor genetika, diabetes juga sangat dipengaruhi oleh pola hidup penderitanya.

Penyebab terjangkitnya penyakit diabetes terbagi menjadi beberapa tipe, diantaranya yaitu: diabetes mellitus tipe 1, jenis diabetes mellitus tipe ini merupakan diabetes yang disebabkan karena berkurangnya rasio insulin dalam darah karena menghilangnnya sel beta yang memproduksi insulin pada langerhans pankreas.

Diabetes mellitus tipe 2, penyakit diabetes mellitus tipe ini disebabkan karena adanya kelainan pada metabolism yang disebabkan oleh mutasi pada banyak gen, penyakit diabetes tipe ini biasanya dapat diobati dengan cara rajin melakukan olahraga untuk menjaga berat badan dan diet dalam mengkonsumsi asupan karbohidrat yang berlebih.

Diabetes mellitus tipe 3, terjangkitnya penyakit diabetes ini biasanya dialami oleh para ibu hamil dan biasanya akan pulih dengan sendirinya setelah melahirkan, namun meskipun begitu tidak menutup kemungkinan jika penyakit ini dapat mempengaruhi kehamilan, jika ibu tidak menjaga pola makan yang teratur.

Lalu bagaimana bisa daun sirsak yang sekecil itu dapat mengobati penyakit sebesar diabetes? Berikut adalah beberapa manfaat mengkonsumsi daun sirsak untuk penderita diabetes:

  • Menurunkan kadar insulin. Beberapa penelitian secara medis menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak dapat meningkatkan fungsi dari sel beta pankreas yang menghasilkan fungsi insulin. Walau memang belum teruji secara klinis dan hingga kini uji coba masih terus dilakukan.
  • Kaya kandungan yang bermanfaat. Beberapa zat atau senyawa yang terkandung di dalam daun sirsak seperti: lemak, vitamin A, vitamin B, fruktosa, protein, kalsium senyawa alkaloid, saponin, flavonoid, steroid dan juga asetogenin inilah yang membantu tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah untuk tetap berada pada batas normal.

Mengkonsumsi daun sirsak pun sangat mudah bisa menggunakan cara basah, dan cara kering. Cara basah, adalah pertama-tama siapkan 10 lembar daun sirsak yang masih segar, setelah itu rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hanya menyisakan 1 gelas air saja. Kemudian minum ramuan daun sirsak tersebut dalam keadaan hangat, minum secara rutin 2 kali sehari 1 gelas pagi dan sore hari.

Kemudian cara kedua adalah cara kering, untuk cara kering yaitu dengan menjemur 10 lembar daun sirsak diatas terik matahari sampai betul-betul kering, setelah itu giling atau blender sampai daun sirsak halus seperti tepung. Selanjutnya seduh dengan air panas, agar rasanya lebih enak anda dapat menambahkan sedikit madu murni. Minum secara teratur 2 kali sehari 1 gelas pagi dan sore.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY