Manfaat Donor Darah Bagi para Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, mungkin banyak dari kita yang merasa bahwa donor darah begitu menakutkan. Terlebih bagi para remaja yang masih masa pertumbuhan. Tapi sebenarnya donor darah justru banyak sekali manfaatnya. Apa saja manfaat donor darah bagi remaja?

Donor darah faktanya justru banyak mendatangkan keuntungan dan manfaat bagi kesehatan sebagai berikut:

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Bagi remaja yang secara aktif mau mendonorkan darah justru dapat menjaga jantung tetap sehat di masa mendatang. Pendonor darah memiliki resiko  lebih rendah terkena serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

  • Menghindarkan Diri Dari Resiko Kanker

Bagi remaja yang konsistensi donor darah justru dapat terhindar dari penyakit kanker karena sel darah merah terus terbarahui dan selalu bersih. Akan sangat bermanfaat untuk menghindari penyakit kanker tenggorokan, paru-paru, lambung, dan juga usus besar.

  • Manfaat Bagi Kecantikan

Manfaat  donor darah rutin bagi para remaja justru dapat menjaga berat badan secara alami. Sehingga dapat memiliki bentuk tubuh ideal tanpa harus menyiksa diri. Selain itu juga memberikan dampak kulit menjadi lebih kencang.

  • Mencegah Penuaan Dini

Usia remaja merupakan usia yang sangat rentan untuk lebih emosional dan sering mengalami stres. Tapi stres yang sering sangat memicu penuaan dini. Sehingga jika para remaja mau rutin donor darah maka kulit tidak akan mudah mengalami keriput.

  • Mencegah Anemia

Remaja yang sering melakukan donor darah akan semakin sehat dan terhindar dari anemia karena sel darah merah yang berkurang justru akan diproduksi ulang oleh sumsung tulang belakang. Sehingga bagi pendonor darah terus mendapatkan pasokan darah baru setelah menyumbangkan darahnya.

  • Psikologis Menjadi Lebih Stabil

Bagi para remaja yang sering mendonorkan darahnya justru memiliki psikologi yang lebih sehat. Mendonorkan darah justru dapat menyehatkan pikiran dan lebih terasa fresh.

  • Membakar Kalori dalam Tubuh

Jika remaja rutin mendonorkan darahnya sebanyak (500 ml), pada intinya juga sama saja sedang membakar sebanyak 650 kalori di tubuh. Secara otomatis akan menurunkan berat badan tubuh.

  • Mencegah Terjadinya Stroke

Jika sering mendonorkan darah tentunya jantung akan lebih sehat karena aliran darah yang dialirkan juga lebih bersih. Apabila jantung sehat tentunya juga sangat berpotensi untuk menjauhkan diri dari serangan stroke.

Secara umum donor darah memang sangat baik bagi kesehatan tubuh termasuk organ-organ tubuh yang ada di dalamnya termasuk menjaga kesehatan ginjal.

Demikian informasi mengenai manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh bagi remaja. Jangan takut menyumbangkan darah dengan kenyataan akan terjadi penurunan jumlah sel darah merah. Tapi sebenarnya justru akan memproduksi ulang sel darah merah yang bersih dan sehat. (MLS).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here