Manfaat Hand and Body Lotion untuk Kulit Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kulit merupakan organ tubuh terbesar yang tentunya menutupi seluruh area tubuh. Kulit berjumlah lebih dari 10% bobot tubuh dengan fungsi utamanya sebagai pelindung antara tubuh bagian dalam dan bagian luar. Selain itu kulit juga mempunyai fungsi lain seperti absorpsi (penyerapan), ekskresi (alat pembuangan sisa metabolisme melalui keringat), persepsi, pengaturan suhu tubuh, pembentukan pigmen, pembentukan vitamin D dan fungsi keratinisasi.

Kerusakan pada kulit dapat mengganggu kesehatan maupun penampilan seseorang. Proses kerusakan kulit ditandai dengan munculnya keriput, sisik, kering dan pecah-pecah. Masalah tersebut biasanya dihadapi oleh sebagian besar remaja yang tinggal di daerah tropis yang rata-rata suhu udaranya panas.

Pengaruh suhu udara ternyata memang sudah dipastikan dapat membuat kulit berubah. Suhu udara yang panas, tentunya akan membuat kulit terasa kering. Masalah ini menjadi serius apabila tidak ditangani dengan benar, seseorang yang memiliki kulit kering biasanya akan mudah iritasi dan terluka.

Bagi Anda para remaja yang memiliki kulit yang kering, jangan mengkhawatirkannya. Karena ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan menggunakan hand and body lotion secara rutin. Hand and body lotion merupakan suatu sediaan kosmetika berbentuk cair atau emulsi yang digunakan pada daerah tangan dan tubuh dengan tujuan melembabkan dan melembutkan kulit.

Sediaan hand body lotion yang ada di pasaran umumnya dikombinasi dengan bahan alam, seperti buah-buahan, bubuk mutiara Cina, bunga lotus salju, Aloe vera, mulberry, minyak biji anggur, beras Jepang, teh hijau Jepang dan daun mint. Bahan alam tersebut mempunyai manfaat yang berbeda-beda, salah satunya sebagai antioksidan. Antioksidan berfungsi sebagai pelindung dari radikal bebas yang reaktif terhadap sel-sel tubuh dengan cara mengikat elektron molekul sel.

Selain melembabkan kulit yang kering akibat suhu udara yang panas, ternyata pemakaian rutin hand body lotion dapat meratakan rona kulit. Masalah ketidakrataan warna kulit remaja juga menjadi masalah serius yang harus diatasi, pasalnya terkadang ketika kita memakai baju yang tertutup, ada beberapa bagian tubuh seperti telapak tangan yang selalu terpapar sinar matahari dan menjadikan warnanya berbeda dengan kulit di bagian lainnya yang tertutup. Maka dari itu, hand and body lotion juga diperlukan dalam mengatasi masalah ini.

Tekstur lembut hand and body lotion juga menjadikan kulit semakin halus dan lembut apabila disentuh. Bagian kulit yang kasar biasanya kita temukan di bagian siku, lutut dan tumit yang terkadang luput dari perhatian kita. Baian-bagian tersebut juga harus dibubuhkan hand and body lotion secara rutin.

Frekuensi penggunaan hand body lotion yang baik memang tidak ditentukan berapa kali, hanya saja waktu penggunaan yang baik adalah sehabis mandi. Hal ini dikarenakan sel-sel kulit mati sudah hilang ketika mandi dan saat itulah sebaiknya kita menutrisi kulit dengan hand and body lotion. Selain waktu tersebut, ada baiknya apabila kulit Anda terasa kering, jangan segan-segan untuk membubuhkan hand and body lotion. Pemakaian rutin dipercaya dapat melembabkan kulit Anda yang kering. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here