Manfaat Infused Water

Infused water atau air infus kini telah menjadi trend kesehatan yang baru baik diluar negeri dan kini merebak sampai ke Indonesia. Infused water adalah air putih yang diberi tambahan potongan buah atau herbal sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu dan menawarkan berbagai bermanfaat bagi kesehatan. Secara teknis, infused water dibuat dengan memasukan irisan buah-buahan ke dalam air putih, yang kemudian didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar.

Infused water bisa memberi dua keuntungan sekaligus bagi orang yang mengonsumsinya. Selain bisa minum air putih, Anda juga bisa mendapat manfaat buah di dalamnya. Infused water berguna sebagai detoksifikasi yang membantu tubuh dalam menetralisir racun dalam tubuh dan melawan radikal bebas akibat paparan polusi.

Infused water akan bermanfaat jika tidak diberi campuran lain yang mudah larut di air seperti gula atau sirop. Infused water pada dasarnya dapat dibuat sesuai selera Anda. Namun, ada beberapa jenis buah dan daun-daunan yang memiliki kesegaran dan manfaat yang khusus jika dikombinasikan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Strawberry dan kiwi
    Manfaat infused water dari campuran kiwi dan strawberry adalah untuk menjaga kesehatan kardovaskular, meningkatkan sistem daya tahan tubuh, menurunkan gula darah, dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan.
  • Teh hijau, daun mint, jeruk nipis
    Teh hijau, daun mint dan jeruk nipis yang dibuat menjadi infused water dapat memberi manfaat untuk membakar lemak, meredakan sakit kepala, mengatasi konstipasi, dan menjaga kesehatan pernapasan.
  • Timun, jeruk nipis, lemon
    Infused water dari campuran timun, jeruk nipis dan lemon bermanfaat untuk mengatasi kembung, mengontrol nafsu makan, mengatasi dehidrasi, serta menjaga kesehatan sistem pencernaan.
  • Lemon, jeruk nipis
    Campuran lemon dan jeruk nipis adalah sumber vitamin C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh serta menjaga sitem pertahanan tubuh agar tubuh tidak mudah terserang virus.
    Mungkin masih banyak lagi buah-buahan yang bisa dijadikan sebagai campuran infused water. Hal yang sangat perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan dari air dan buah yang digunakan agar manfaat infused water bisa dirasakan secara maksimal. Manfaat infused water memang baik untuk tubuh karena semua bahan yang digunakan akan diserap oleh tubuh untuk diambil nutrisinya. Namun, tentunya kita tidak bisa mengesampingkan konsumsi makanan empat sehat lima sempurna lainnya agar kebutuhan nutrisi tubuh tercukupi. Menjalankan gaya hidup sehat juga akan membantu infused water bekerja secara maksimal sebagai nutrisi alami bagi tubuh.

*pic duniafitnes.com

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY