Manfaat Jahe Bagi Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tanaman jahe merupakan tanaman yang berasa dari India, tetapi ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa jahe berasal dari negara tiongkok Selatan. Jahe merupakan jenis tanaman yang tergolong ke dalam suku Zingiberaceae. Kata Zingiber berasal dari bahasa sansekerta “singabera” dan bahasa yunani “Zingiberi” yang artinya tanduk, nama tersebut karena jahe dianggap mirip dengan tanduk rusa.

Apa Manfaat Jahe Bagi Ibu Hamil?

  • Sebagai antioksidan
    Pada masa kehamilan merupakan masa yang sangat rentan mengalami gangguan dalam kehamilan yang beresiko terhadapan perkembangan dan pertumbuhan janin. Jahe memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah radikal bebas yang menyebabkan beberapa penyakit atau gangguan selama kehamilan.
  • Untuk mengatasi morning sickness
    Pada awal kehamilan ibu hamil sering mengalami mual dan muntah yang disebut dengan morning sickness. Jahe berfungsi untuk mengontrol atau mencegah produksi hormon serotin secara berlebihan yang menjadi penyebab morning sickness sehingga mengurangi rasa mual dan muntah selama kehamilan.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
    Jahe berfungsi sebagai obat alamiah untuk mengatasi tekanan darah tinggi.jahe dapat merangsang pelepasan hormon adrnalin yang melancarkan pembuluh darah. Aliran darah yang lancar terjadi karena pembuluh darah yang lebar. Selain melancarkan aliran darah pembuluh darah yang lebar juga bisa meringankan kerja jantung untuk memompa darah.
  • Meredakan maag ibu hamil
    Jahe bisa menjadi obat alamiah untuk ibu hamil yang mengalami maag. Jahe bekerja untuk menurunkan kadar asam lambung pada ibu hamil.
    5. Menghilangkan stress
    Pada masa kehamilan ibu hamil mengalami ketidakseimbangan hormon yang mempengaruhi psikologi sehingga ibu hamil dapat mengalami stress. Dengan menghirup udara segar dipagi hari dan meminum secanggir jahe hangat membuat stress pada ibu hamil berkurang.
  • Menghindari cacar lahir
    Jahe mengandung asam folat yang sangat berfungsi bagi ibu hamil untuk kesehatan janin yang ada didalam kandungan. Sehingga jahe dapat menghindari cacat lahir dan ketidaknormalan fungsi otak.
  • Memperlancar pencernaan. Gangguan pencernaan sering terjadi pada ibu hamil. Selain disebabkan karena perubahan hormon, konsumsi tablet tambah darah memicu terjadinya konstipasi. Jahe mengandung enzim protease dan lipase yang berfungsi untuk menguraikan lemak yang sulitdi cerna. Dengan mengkonsumsi jahe maka keluhan ini akan dapat teratasi.
  • Sebagai aroma terapi
  • Ibu hamil sering mengalami morning sickness atau dalam istilah lain mual dan muntah dipagi hari. Selain bisa dikonsumsi sebagai minuman, jahe dapat berfungsi sebagai aroma terapi yang dapat menghilangkan mual, menenangkan dan melegakan ibu hamil.
  • Meningkatkan sistem imun
  • Jahe mengandung vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem tubuh yang baik dapat menangkal berbagai penyakit. Sehingga jahe sangat baik apabila dikonsumsi oleh ibu hamil yang berguna untuk menjada kesehatan ibu dan kesehatan janin yang ada didalam kandungan.

Selain 9 manfaat dari tanaman jahe yang bermanfaat apabila dikonsumsi ibu hamil. Jahe juga memiliki fungsi kesehatan lain seperti mengurangi pusing, mambangkitkan stamina sehingga tubuh lebih bugar, meningkatkan nafsu makan, menghilangkan gas berlebih, mengobati perut kembung. Apabila ibu hamil mengalami berbagai keluhan jahe sangat baik dikonsumsi ibu hamil. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here