Manfaat Jus Buah Bagi Kesehatan Darah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Rutin mengonsumsi buah sangat dianjurkan karena baik bagi kesehatan tubuh. Kita sudah mengenal buah sebagai sumber nutrisi yang baik akan vitamin, serat dan mineral. Mengonsumsi buah sangat nikmat, baik dimakan langsung maupun dalam bentuk jus. Banyak orang menyukai jus karena rasanya yang sangat segar, selain itu Anda dapat mencampurkan beberapa jenis buah- buahan untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat dan mendapatkan manfaat dari beberapa jenis buah sekaligus.

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi jus tertentu sangat baik untuk menjaga kesehatan darah? Beberapa jenis buah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, Anda dapat mencoba beberapa jus buah di bawah ini:

  1. Jus buah kiwi. Salah satu buah yang disarankan untuk penderita darah tinggi adalah kiwi. Kiwi mengandung kalsium sebanyak 2%, magnesium sebanyak 7% dan kalium sebanyak 9% di mana jenis mineral tersebut mampu menurunkan hipertensi. Selain itu, mengonsumsi jus kiwi dapat mencegah pembekuan darah.
  1. Jus semangka. Rasa semangka yang manis dan segar memang cocok sekali dikonsumsi saat terik. Di samping rasanya yang segar, khasiat dari buah semangka membuat buah ini mulai banyak dikonsumsi. Semangka mengandung L-citrulline yang bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi.
  1. Jus alpukat. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, konsumsilah jus alpukat secara teratur karena buah ini mengandung kalsium, magnesium dan kalium yang baik bagi penderita hipertensi. Selain bermanfaat bagi kesehatan darah, jantung Anda pun akan terjaga karena alpukat mengandung lemak tak jenuh.
  1. Jus tomat. Selama ini banyak orang mengonsumsi jus tomat karena ingin mendapatkan khasiat vitamin A yang baik bagi kesehatan mata. Namun, lebih dari itu, tomat juga mengandung 0 gram kalori yang baik bagi seseorang yang menjalani diet hipertensi. Selain itu, tomat juga baik dalam mencegah penuaan dini dan diabetes.

Selain baik bagi penderita hipertensi, beberapa jus buah juga baik dikonsumsi bagi penderita anemia atau kekurangan darah, karena jus buah- buahan tersebut dapat membantu menambah darah. Berikut di antaranya:

  1. Jus apel

Apel seringkali dikonsumsi ketika seseorang sedang menjalankan diet. Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa, jus apel juga baik untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuh karena mengandung zat besi. Buah ini mudah ditemukan baik di supermarket maupun di pasar tradisional.

  1. Jus buah naga

Belakangan buah ini menjadi salah satu buah yang booming di kalangan masyarakat karena ada begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi jus buah ini.

Buah naga mengandung zat besi yang bermanfaat dalam menambah darah. Selain itu, buah ini memiliki kandungan vitamin C, B1, B3, B12 dan nutrisi lain yang penting untuk tubuh.

  1. Jus stroberi

Kita sering menemukan buah stroberi yang ditanam di dataran tinggi yang dingin. Buah ini banyak diolah menjadi sirup maupun selai karena rasanya memang nikmat. Dengan mengonsumsi jus buah stroberi, Anda akan mendapatkan manfaat dari vitamin B1, B2, B3, B6, K, E, mangan, kalsium dan zat besi yang diperlukan darah.

Berikut di atas adalah manfaat dari beberapa jus buah bagi kesehatan darah Anda. Anda dapat membuat jus dengan satu jenis buah saja atau mencampurkan beberapa buah, sesuai selera Anda. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here