Manfaat Kacang Hijau Bagi Penderita Kista

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kista adalah suatu benjolan atau tumor jinak yang berisi cairan kental dan ada pula yang berisi udara ataupun nanah. Bentuknya ada yang menyerupai buah anggur.

Berbicara tentang penyakit kista, sebenarnya kista dapat terjadi di bagian tubuh manapun, seperti di paru-paru ataupun di usus. Namun, ketika mendengar penyakit kista terlebih lagi kaum wanita pasti yang terfikir adalah kista pada indung telur atau kista pada sistem reproduksi.

Berdasarkan tingkat keganasannya kista ada dua macam. Yaitu non-neoplastik yang diderita selama 3 bulan dan biasanya akan mengempis. Kedua, kista neoplastik yang umumnya harus dioperasi.

Pada saat proses penyembuhan penyakit kista biasanya penderita disarankan untuk mengatur pola makannya. Salah satunya harus menghindari beberapa jenis makanan seperti kedelai,minuman dan makanan kemasan serta makanan olahan kompleks.

Kedelai merupakan satu jenis kacang-kacangan yang harus dihindari oleh penderita kista. Tetapi ada jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsusmsi oleh penderita kista yaitu kacang hijau.

Kacang hijau atau dikenal juga dengan nama seperti “mungo”, “mung bean” dan “green bean” ini merupakan jenis kacang-kacangan yang multiguna. Kacang hijau bisa digunakan sebagai bahan pangan, pakan ternak, pupuk hijau dan yang paling penting bermanfaat bagi para penderita kista.

Manfaat kacang hijau bagi penderita kista yaitu :

  • Dapat diterima oleh jaringan

Kacang hijau memiliki kandungan serat yang mampu menjaga kesehatan organ pencernaan dan kesehatan organ lain. Sehingga bagi penderita kista yang memiliki sensitifitas terhadap beberapa jenis makanan, mengonsumsi kacang hijau merupakan tindakan yang baik, karena kacang hijau dapat diterima oleh jaringan kista. Efek dari makanan yang tidak bisa diterima oleh jaringan kista akan membuat penderita merasakan nyeri yang tidak tertahankan.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ketika sistem kekebalan tubuh rendah tentunya membutuhkan asupan nutrisi yang dapat membantu melawan infeksi atau zat-zat dari luar yang membahayakan tubuh. Dan berbagai macam kandungan vitamin di dalam kacang hijau ini memiliki fungsi yang sangat bagus dalam meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi dan radikal bebas. Jika penderita mengonsumsi kacang hijau maka tubuh penderita akan semakin kuat dalam proses penyembuhan penyakit kista tersebut.

Itulah beberapa manfaat kacang hijau bila dikonsumsi oleh penderita kista. Untuk mengonsumsi kacang hijau ini mungkin dapat diolah menjadi jus, bubur atau bila sudah menjadi kecambah anda bisa menggunakannya sebagai bahan masakan sehari-hari. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY