Manfaat Kacang Hijau untuk Penyakit Jantung

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak makanan yang dipercaya memiliki khasiat yang bermanfaat baik untuk tubuh manusia. Buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan dapat membantu Anda mendapatkan pengobatan serta manfaat kesehatan lainnya. Salah satu jenis makanan yang berkhasiat itu adalah kacang hijau, selain bermanfaat untuk kesuburan, kacang hijau ternyata bermanfaat untuk kesehatan jantung kita.

Bagi Anda yang belum mengetahui manfaat dari kacang hijau, pada kesempatan ini kita akan memabahas lebih lanjut mengenai manfaat kacang hijau bagi kesehatan jantung.

Jantung merupakan organ tubuh manusia yang sangat penting. Kesehatan dan kondisi jantung harus dijaga agar dapat berfungsi dengan optimal. Makanan yang dikonsumsi berpengaruh pada kondisi jantung. Mengonsumsi makanan yang sehat akan berpengaruh positif bagi jantung Anda. Sebaliknya, jika makanan yang dikonsumi tidak sehat akan membuat jantung Anda mengalami gangguan.

Orang dahulu memanfaatkan kacang hijau dengan cara merebus dan menggunakannya sebagai bahan alternatif pengobatan penyakit. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan nutrisi dalam rebusan tersebut memang sangat lengkap. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, tetapi beberapa kandungan nutrisi tersebut juga sangatlah baik untuk jantung.

Kacang hijau diyakini mampu membantu mengurangi risiko penyakit jantung karena kadar tinggi dari flavonoid. Flavonoid adalah antioksidan polifenol yang biasanya ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Kacang hijau memiliki tingkat tinggi flavonoid dan antioksidan ini memiliki sifat anti-inflamasi tertentu. Subjek tes dengan tingkat flavonoid tinggi mengalami hasil anti-trombotik, mencegah pembekuan darah di arteri dan vena. Penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke biasanya disebabkan oleh aktivitas trombotik dan menimbulkan plak membuat penyumbatan di dalam pembuluh darah di jantung (penyakit jantung koroner). Mengonsumsi kacang hijau dan mendapatkan asupan flavonoid dapat membantu mencegah beberapa kondisi ini. Mencegah timbulnya plak pada arteri (pembuluh darah) juga akan menghindarkan Anda dari penyakit jantung mematikan.

Selain kandungan yang dijelaskan di atas, kacang hijau memiliki kandungan nutris lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh,kandungan nutrisi kacang hijau natara lain:

  • Tinggi protein

Kacang hijau merupakan sumber alternatif protein nabati. Kacang hijau mengandung protein tinggi sebanyak 7 gr/100 gr. Protein yang terkandung memiliki asam amino lengkap. Protein pada kecambah kacang hijau sudah berkurang jumlahnya yaitu hanya 3 gr/100 gr, tetapi asam aminonya sebagian dalam bentuk bebas yang cepat diserap tubuh.

  • Tinggi kandungan serat

Kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi sekitar 7,6 gr/100 gr. Kandungan serat ini mencukupi kebutuhan serat harian Anda sebesar 30%. Serat berguna untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi.

  • Rendah karbohidrat

Karbohidrat yang terkandung dalam kacang hijau adalah 19 gr/100 gr. Cukup rendah dan baik untuk dikonsumsi dalam program diet maupun program muscle building

  • Mengandung asam lemak esensial

Asam lemak esensial yang terkandung dalam kacang hijau adalah omega-3 (0,9 mg/100 gr) dan omega-6 (119 mg/100 gr). Omega 3 merupakan asam lemak yang berguna untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

  • Rendah lemak

Sangat baik bagi orang yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menyebabkan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah tengik, sebab kacang hijau

Selain mengkonsumsi kacang hiaju, menjaga kondisi jantung dapat Anda lakukan dengan berolahraga yang cukup dan pola hidup yang teratur. Jika Anda mengalami penyakit jantung, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter dalam melakukan olahraga dan aktivitas lain.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY