Manfaat Kacang Hijau untuk Rambut

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memiliki rambut yang sehat dan indah sebenarnya bukan hanya dengan melakukan perawatan dari luar seperti keramas dengan sampo, conditioner, atau perawatan mahal di salon. Tetapi, diperlukan juga perawatan dari dalam dengan mengonsumsi makanan bernutrisi sehingga rambut ternutrisi dengan baik. Secara keseluruhan, pola makan gizi seimbang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk rambut. Tapi, secara khusus ada beberapa makanan yang memberi manfaat baik untuk mengatasi masalah rambut. Salah satunya kacang hijau.

Kacang hijau termasuk ke dalam polong-polongan. Tak hanya lezat setelah diolah menjadi berbagai makanan, kacang hijau juga telah diteliti memberikan manfaat baik kesehatan maupun kecantikan. Untuk kesehatan rambut, beberapa manfaat kacang hijau, diantaranya:

  • Mencegah dan meminimalisir kerontokan rambut

Kacang hijau kaya akan kandungan protein. Seperti kita tahu bahwa rambut dibuat dari protein yang disebut keratin. Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup protein, pertumbuhan rambut menjadi tidak sehat. Selain itu, kacang hijau juga mengandung zat besi dan zinc. Zinc berperan dalam produksi keratin, sehingga orang-orang dengan tingkat zinc yang rendah cenderung memiliki rambut yang tipis dan rapuh. Kekurangan zat besi memciu anemia, dan penipisan rambut adalah salah satu gejala yang sering dijumpai pada penderita anemia kekurangan zat besi. Pasalnya, zat besi berperan dalam produksi hemoglobin, yaitu bagian dari sel darah merah yang memberi warna merah pada darah dan memungkinkan sel-sel darah merah untuk membawa darah beroksigen ke seluruh tubuh, termasuk kulit kepala yang membutuhkan banyak oksigen. Kacang hijau juga menyumbang asupan magnesium. Menurut sejumlah penelitian, kekurangan magnesium terkait dengan penipisan atau kerontokan rambut karena folikel rambut memerlukan nutrisi ini agar helai rambut tetap kuat.

  • Memperbaiki warna dan tekstur rambut

Selain memicu kerontokan rambut, kekurangan protein juga dapat merusak warna rambut. Dengan demikian, konsumsi kacang hijau juga dapat membantu Anda yang memiliki masalah dengan rambut kusam. Tak hanya itu, kandungan asam folat yang tinggi pada kacang hijau juga baik untuk menjaga kelembaban rambut karena nutrisi ini berperan dalam mempertahankan fungsi sel darah merah yang sehat dalam menyuplai oksigen ke kulit kepala, sehingga peremajaan sel-sel rambut berjalan dengan baik.

  • Mengatasi ketombe

Kandungan zinc dalam kacang hijau juga dapat membantu mengatasi ketombe. Menambahkan sumber zinc dalam pola makan harian disertai asupan omega 3 dan vitamin lainnya dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala sehingga tidak mudah gatal dan mengelupas. Zinc umumnya terkandung dalam daging dan makanan laut. Bagi vegetarian, kacang hijau dapat menjadi salah satu sumber zinc dan protein yang baik untuk meningkatkan kesehatan rambut.

Untuk mendapatkan manfaat kacang hijau, Anda hanya perlu menambahkan menu kacang hijau dalam pola makan harian sebagai bagian dari diet seimbang. Manfaatnya pun akan maksimal bila kacang hijau diolah dengan cara yang sehat. Misalnya, ketika dibuat menjadi bubur kacang, gunakan santan segar dan sebaiknya santan dicampurkan setelah bubur kacang hijau diangkat dari kompor agar kandungan lemak sehat pada santan tidak rusak dan tidak mengurangi manfaat kacang hijau dan santan itu sendiri. Kacang hijau pun dapat diolah menjadi sari kacang hijau murni yang juga baik sebagai sumber serat. Meski baik untuk kesehatan dan kecantikan, penderita asam urat sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi kacang hijau. Pasalnya, kacang hijau memiliki kandungan purin yang cukup tinggi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY