Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Belajar tak selalu dilakukan di dalam ruang kelas. Belajar bisa dilaksanakan di mana dan kapan saja. Kegiatan ekstrakurikuler adalah salah satu contohnya.

Kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul merupakan kegiatan tambahan di luar mata pelajaran yang terdapat dalam jadwal kelas. Meski berada di luar jam sekolah, tidak sedikit kegiatan ekskul sejalan dengan tujuan kurikulum di sekolah.

Pada umumnya, bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan di sekolah juga mempertimbangkan kondisi serta sarana dan prasarana yang ada. Kegiatan ini bisa berupa kegiatan olahraga, beladiri, seni, marching band, pramuka dan sebagainya. Bila sarana dan prasarana sekolah tak mencukupi, bukan tidak mungkin kegiatan ekskul dilakukan di luar lingkungan sekolah.

Pada hakikatnya, kegiatan ini bertujuan untuk membantu perkembangan siswa dari berbagai macam aspek. Di tengah peradaban kurikulum sekolah yang dituntut semakin dinamis dan berkembang sekarang, tentu kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu siswa mencapai prestasi akdemis maupun nonakademis.

Secara garis besar, sejumlah manfaat kegiatan ekstrakurikuler antara lain:

  • Menambah wawasan. Dengan mengikuti ekstrakurikuler, siswa akan memperoleh pengetahuan dari kegiatan yang diikutinya. Tidak hanya itu, siswa juga bisa menambah pengalaman yang luas ketika mengikuti ekstrakurikuler di sekolah, misalnya mengikuti perkemahan pramuka di luar sekolah.
  • Mengembangkan potensi, minat, dan bakat. Melalui kegiatan ekstrakurikuler, siswa bisa mengetahui potensi, minat, dan bakat yang dimilikinya. Dengan mengetahui hal-hal itu, siswa dapat mengarahkan fokusnya sesuai dengan potensi, minat, dan bakatnya. Oleh sebab itu, siswa boleh memilih kegiatan ekskul mana yang dinilainya cocok dengan dirinya. Tidak jarang, kreativitas siswa akan terlihat dan berkembang setelah mengikuti kegiatan ekskul tertentu.
  • Menumbuhkan kehidupan sosial. Kegiatan di luar jam sekolah merupakan upaya memupuk dan mengembangakan kehidupan sosial siswa, seperti kerja sama tim, rasa tanggung jawab, suka menolong dan sebagainya. Selain itu, siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler juga bisa menambah teman-teman baru.
  • Kesempatan mendulang prestasi. Sejumlah kegiatan ekstrakurikuler terkadang dilombakan. Dengan mengikuti lomba yang berkaitan dengan kegiatan ekstrakurikuler, siswa bisa mendapat kesempatan untuk mendulang prestasi nonakademis.
  • Menjadi penghibur. Beban mata pelajaran yang banyak tak jarang membuat siswa merasa jenuh dan stres. Kegiatan ekstrakurikuler akan sangat membantu siswa mengurangi tekanan pelajaran akademis. Hal ini karena kegiatan ekskul umumnya berlangsung dalam suasana rileks, gembira, dan menyenangkan. Boleh jadi juga, kegiatan ekskul merupakan ajang dan wahana untuk menciptakan suasana serta nuansa baru bagi siswa untuk meningkatkan prestasi belajar akademisnya.
  • Bekal untuk masa depan. Dengan potensi, minat, dan bakat yang terarah, kegiatan ekstrakurikuler dapat menunjang bidang yang akan digeluti oleh siswa di masa depan. Kegiatan ekskul bisa membekali siswa dengan ilmu dan keterampilan yang memadai agar ia kelak siap terjun di masyarakat. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here