Manfaat Kegiatan Olahraga Sepakbola Bagi Kesehatan Mental Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sepakbola merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat universal. Siapa saja pasti suka khusunya pria. Mulai dari anak-anak hingga dewasa sudah pasti menyukai dan sering bermain sepakbola, begitu juga dengan remaja.

Begitu sukannya dengan sepakbola, tidak jarang remaja laki-laki sampai memanfaatkan waktu istirahat di sekolah untuk bermain sepakbola sampai kadang melupakan waktu makan siang di kantin. Selain menyenangkan bagi para penyuka sepakbola, ternyata sepakbola juga memiliki manfaat untuk para remaja.

Manfaat dari sepakbola untuk remaja banyak sekali. Namun dalam artikel ini akan menjelaskan lebih spesifik pada manfaat kesehatan khususnya kesehatan mental remaja dari sepakbola. Memang benar sepakbola memiliki manfaat untuk kesehatan remaja, manfaat tersebut meliputi:

  1. Meningkat rasa percaya diri remaja

Usia remaja sangat membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi karena akan membantunya untuk semakin mengenal dunia dimana usia tersebut usia yang sedang mengetahui banyak hal dan juga mencoba hal yang baru. Rasa percaya diri tersebut ternyata juga bisa didapatkan dari olahraga sepakbola.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Manfaat kedua dari sepakbola untuk kesehatan mental remaja yaitu konsentrasi. Saat bermain sepakbola remaja akan menyusun sebuah strategi atau taktik untuk memenangkan permain tersebut sehingga anak akan berkonsentrasi untuk mencapi tujuan memenangkan permainan sepakbola. Hal tersebut membuat remaja juga memiliki kemampuan baik dalam berkonsentrasi di kehidupan nyata atau lingkungan serta saat belajar di sekolah atau di rumah.

  1. Mencegah Kecemasan pada remaja

Kecemasan merupakan salah satu masalah mental yang sering dialami oleh remaja maupun dewasa. Untuk mencegah atau mengatasi kecemasan sepakbola bisa menjadi cara yang baik untuk membuat remaja terhindar dari rasa cemas.

  1. Mencegah depresi

Selain kecemasan, depresi juga turut serta dalam masalah kesehatan mental pada remaja. Ternyata sepakbola juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya depresi di kalangan remaja.

Itulah 4 manfaat olahraga sepakbola untuk remaja. Meski terlihat sekedar permainan tapi manfaatnya cukup besar untuk kesehatan mental remaja. Dimana kesehatan mental juga penting untuk dijaga. Sebab kesehatan mental yang tidak dijaga dengan baik, dan sampai terjadi penyakit mental atau gangguan mental maka merupakan hal yang fatal. Kesehatan mental yang terganggu akan sulit ditangani dibandingkan dengan gangguan fisik pada manusia. Jadi mulai sekarang, bagi remaja yang belum suka berolahraga khususnya sepakbola, anda bisa mencoba olahraga yang satu ini agar mendapatkan manfaatnya yaitu kesehatan mental yang baik. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here