Manfaat Kesehatan Dari Dark Chocolate

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Coklat merupakan makanan yang hampir setiap orang menyukainya meskipun ada beberapa orang yang tidak suka dengan coklat. Rasanya yang manis dan lembut membuat jenis makanan ini digemari oleh setiap orang. Coklat yang akan dibahas dalam artikel ini yaitu mengenai dark chocolate. Apa yang kamu ketahui mengenai jenis coklat tersebut?

Dark chocolate merupakan jenis coklat yang terbuat dari biji tanaman kakao sekitar 60%. Sebutan dark chocolate dikarenakan coklat tersebut memiliki rasa yang pahit dan khas serta warnanya yang lebih coklat tua. Tahukah bahwa dark chocolate memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan? Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari dark chocolate, diantaranya sebagai berikut:

  1. Meningkatkan fungsi kognitif otak

Dark chocolate dapat berguna untuk meningkatkan aliran darah ke otak serta jantung, hal ini sangat berpengaruh untuk membantu meningkatkan fungsi kogniti.

  1. Menurunkan resiko stroke

Hasil penelitian pada tahun 2011 di Swedia menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi coklat dalam waktu 1 minggu sebanyak 45 gram per hari maka hal tersebut akan menurunkan resiko stroke sekitar 20%.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Hasil penelitian menyatakan bahwa apabila anda mengkonsumsi dark chocolate secara teratur dalam jumlah yang normal dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. Hal ini dikarenakan oleh kandungan senyawa yang terdapat di dalam coklat tersebut mencegah terjadinya pemblokiran arteri.

  1. Perut terasa kenyang

Bagi anda yang sedang menjalankan diet, dark chocolate dapat dijadikan salah satu menu makanan yang membuat perut anda terasa lebih kenyang. Selain itu dark chocolate berfungsi untuk mengurangi kebiasaan ngemil manis, asin dan berlemak.

  1. Meningkatkan mood

Kandungan senyawa yang terdapat di dalam dark chocolate mampu mendorong otak untuk melepaskan endorfin, hal ini yang membuat anda merasa lebih bahagian.

  1. Sumber antioksidan

Dark chocolate memiliki kandungan polifenol dan flavonols, kedua kandungan senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa dark chocolate memiliki kandungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah-buahan.

  1. Menurunkan tekanan darah

Dark chocolate dapat dijadikan salah satu alternatif untuk pengobatan hipertensi. Flavanols dan kandungan lainnya dalam coklat tersebut berfungsi untuk meningkatkan aliran darah di arteri sehingga mampu menurunkan tekanan darah.

  1. Kesehatan kulit

Fungsi flavanols dalam dark chocolate mampu meningkatkan aliran darah dalam tubuh. Hal tersebut tentunya sangat baik bagi kesehatan kulit karena kulit tetap terhidrasi dan  terlindungi dari sinar matahari.

  1. Mencegah diabetes

Hasil penelitian pada tahun 2005 menunjukan bahwa mengkonsumsi dark chocolate secara teratur dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

  1. Meredakan batuk

Kandungan theobromine dala dark chocolate berfungsi untu meredakan batuk hal ini dikarenakan aktivitas saraf di otak dapat terkurangi.

  1. Meningkatkan penglihatan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Reading menyatakan dark chocolate dapat meningkatkan aliran dalam tubuh, hal tersebut mampu menjaga kesehatan mata.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Kandungan senyawa dalam dark chocolate berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga mampu membuat seseorang lebih sadar dan waspada. Hal ini tentunya baik untuk meningkatkan konsentrasi.

  1. Kesehatan gigi

Selain berfungsi untuk meredakan batu kandungan theobromine dalam dark chocolate terbukti memiliki fungsi untuk mengeraskan enamel gigi. Hal ini dapat mencegah resiko terjadinya gigi berlubang. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here