Manfaat Kesehatan pada Petai atau Pete

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Petei atau pete merupakan salah satu jenis makanan yang terkenal di Indonesia selain jengkol. Sama seperti hal nya jengkol makanan satu ini memiliki bau yang khas dan memiliki aroma tersendiri bagi pecintanya. Peteai biasa dikonsumsi sebagai campuran bahan masakan. Selain itu ada beberapa orang yang mengkonsumsi petai secara langsung sebagai bahan lalaban.

Tahukah anda bahwa petai memiliki manfaat bagi kesehatan? Apa saja manfaat dari petai?

  1. Pengobatan anemia

Petai bisa digunakan sebagai obat alamiah untuk anemia, karena petai memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang dapat merangsang pembentukan hemoglobin dalam darah.

  1. Bermanfaat untuk otak

Sebuah penelitian di Twickenham yang diikuti oleh 200 pelajar dengan memakan petai pada saat sarapan dan makan siang dalam usaha untuk meningkatkan kemampuan otak. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa petai mengandung kalium sehingga pelajar yang di uji lebih peka.

  1. Mengatasi gigitan serangga

Petai bisa digunakan sebagai obat luar untuk mengobati gigitan serangga terutama gigitan nyamuk.

  1. Makanan diet

Kandungan yang terdapat pada petai tidak akan membuat anda semakin gemuk, justru petai dapat membantu dalam proses penurunan berat badan.

  1. Menyehatkan lambung

Petai berfungsi untuk menyehatkan sistem pencernaan. Sehingga makanan yang telah dikonsumsi dan masuk ke lambung akan mudah di cerna.

  1. Obat hipertensi

Petai berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. Sehingga buah petai bisa dijadikan pengobatan alamiah untuk penyakit hipertensi.

  1. Pereda depresi

Petai memiliki khasiat untuk menghilangkan depresi. Kandungan kalium yang terdapat pada petai berfungsi untuk menormalkan detak jantung dan menyuplai oksigen ke otak kemudian menyeimbangkan kadar air dalam tubuh

  1. Pengobatan stroke

Menerut sebuah penelitian The New England Journal of Medicine menyatakan bahwa mengkonsumsi petai merupakan salah satu upaya diet teratur yang dapat mengurangi resiko kematian akibat stroke sekitar 40%.

  1. Cacingan

Petai memiliki kandungan belerang dan tanin. Kedua senyawa tersebut sangat efektif apabila digunakan dalam pengobatan cacingan.

  1. Sebagai obat PMS

Kandungan vitamin B6 yang terkandung dalam petai berfungsi untuk menetralkan glukosa dalam darah dan dapat meningkatkan mood pada saat PMS (pramenstruasi syndrom)

  1. Menenangkan syaraf

Kandungan vitamin B dalam petai dapat membantu menenangkan sistem syaraf, sehingga apabila anda merasa capek anda akan segera merasa lebih rileks.

  1. Menghilangkan rasa sesak yang disebabkan rasa kenyang

Petai  memiliki efek sebagai antasid. Efek ini digunakan sebagai penghilang rasa sesak atau begah apabila kita makan terlalu kenyang.

  1. Dapat menurunkan suhu tubuh

Buah atau biji petai dikenal sebagai buah dingin yang dapat menurunkan berat badan

  1. Meningkatkan kemampuan kognitif

Kandungan kalium yang tinggi yang terdapat pada petai dapat membantu seseorang meningkatkan kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif berupa kemampuat mengingat, kemampuan rekognisi pola dan kemampuan mempersepsi melalui indra. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here