Manfaat Kesehatan Tubuh Dari Bawang Putih

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa bawang putih memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, baik itu manfaat bawang putih untuk kesehatan, manfaat bawang putih untuk kecantikan, maupun manfaat bawang putih untuk wajah. Berikut manfaat bawang putih bagi kesehatan:

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bawang putih mengandung antioksidan dan juga allicin. Kedua senyawa ini memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan melancarkan sistem peredaran darah dan juga menyehatkan arteri.

  1. Baik untuk jantung

Salah satu manfaat bawang putih yang disebutkan adalah baik untuk kesehatan jantung. Dari suatu penelitian, ditemukan data bahwa pemberian suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih berpotensi memberikan efek perlindungan untuk kesehatan jantung. Efek ini terlihat dari kemampuan bawang putih untuk menurunkan kolesterol, dan efek pengencer darah yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

  1. Melancarkan pencernaan

Bawang putih memiliki kandungan yang disebut dengan alicin, dimana kandungan tersebut bisa merangsang agar usus dan dinding perut melancarkan pencernaan. Oleh karena itu, anda tidak akan  lagi memiliki masalah pencernaan yang selama ini sering terganggu.

  1. Membasmi kolesterol jahat

Mengkonsumsi bawang putih secara teratur sudah terbukti dapat meningkatkan produksi insulin pada tubuh. Dan juga secara signifikan dapat memangkas kolesterol jahat atau LDL hingga 15%. Tidak perlu khawatir, karena bawang putih tidak akan mempengaruhi kolesterol baik (HDL)

  1. Meningkatkan imunitas

Semua kandungan yang ada pada bawang putih terutama vitamin C nya akan menguatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh Anda. Anda bisa mengkonsumsinya baik dengan cara dimakan mentah maupun di jus.

  1. Mencegah kanker

Salah satu manfaat bawang putih yang sedang banyak diteliti adalah efeknya dalam melawan kanker. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa bawang putih dapat menekan aktivitas sel kanker. Berdasarkan temuan tersebut, bawang putih memiliki potensi sebagai sumber antikanker.

  1. Mengobati infeksi paru-paru

Sifat anti bakteri dan anti mikroba akan melawan kuman, bakteri, dan mikroba yang menjadi penyebab infeksi paru-paru. Rajinlah mengkonsumsi bawang putih 2 siung setiap hari.

  1. Mengobati maag

Kesibukan yang semakin padat memang mempengaruhi waktu makan anda, hingga pada ahirnya bisa menyebabkan timbulnya penyakit maag. Kalau sudah begini, memanfaatkan khasiat bawang putih rasanya menjadi pilihan yang tepat. Bawang putih juga bisa menyembuhkan maag kronis.

  1. Membersihkan racun

Jika selama ini anda lebih mengenal buah-buahan untuk mendetok tubuh, ternyata manfaat bawang putih selanjutnya juga bisa melakukan hal serupa. Hal ini tentu saja karena bawang putih memiliki antioksidan yang tidak kalah dengan buah-buahan yang selama ini anda jadikan infused water.

  1. Mengobati keputihan

Bawang putih sudah merupakan resep herbal turun temurun dikarenakan zat-zat yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Cara mengobati keputihan dengan bawang putih dapat dikatakan cukup efektif. Mengkonsumsi bawang putih secara rutin bahkan dapat menghambat bakteri masuk pada area kewanitaan Anda. Anda bisa mengkonsumsi bawang putih dengan cara apapun asalkan rutin dan teratur. Begitulah cara mengobati keputihan dengan bawang putih. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here