Manfaat Kolang-kaling untuk Kesehatan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Makanan yang satu ini sering terlihat saat bulan Ramadhan. Namun, sebenarnya makanan ini bisa dimakan kapan saja karena bermanfaat untuk memperlancar buang air besar (BAB). Makanan itu adalah kolang-kaling.

Kolang-kaling berasal dari pohon aren dan sering dijadikan manisan oleh banyak orang. Selain rasanya yang nikmat, ada berbagai manfaat dari kolang-kaling bagi kesehatan, yaitu:

  • Memperkuat tulang

Kolang-kaling mengandung kalsium yang baik bagi kesehatan tulang. Kolang-kaling memiliki kadar kalsium sebesar 93 mg/100 gram sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif bagi orang yang memiliki keluhan berat badan karena mengonsumsi susu secara berlebihan.

  • Meredakan radang sendi

Kolang-kaling memiliki kandungan zat galaktomanan yang memiliki manfaat untuk menyembuhkan atau meredakan penyakit pada radang sendi. Anda cukup mengonsumsinya secara rutin, minimal 100 gram kolang-kaling setiap hari dengan cara merebusnya tanpa gula dan pewarna makanan.

  • Diet

Kandungan serat dalam kolang-kaling cukup tinggi. Selain itu, kandungan zat gizi lain di dalamnya juga tak bisa dianggap ringan. Kolang-kaling, misalnya, mengandung kadar air yang cukup tinggi, yaitu 94%, sehingga membuat buah ini terasa segar saat dikonsumsi. Kadar gelatin yang dimiliki juga cukup tinggi sehingga mempercepat rasa kenyang, menghentikan nafsu makan, dan mengakibatkan konsumsi makanan menurun sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet. Kandungan serat dan karbohidrat yang tinggi pada kolang-kaling juga membuatnya lebih lama dicerna di dalam perut sehingga dapat menekan nafsu makan dan menyimpan energi lebih lama.

  • Memulihkan stamina

Kolang-kaling tak hanya enak, tapi kandungan gizinya bermanfaat bagi kesehatan dan bisa memulihkan stamina serta kebugaran. Kolang-kaling juga kaya akan kandungan mineral, seperti protasium dan iron yang bisa menyegarkan tubuh. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A dan vitamin B.

  • Menjaga keremajaan kulit

Gelatin pada kolang-kaling juga mampu menjaga keremajaan kulit karena di dalam tubuh, gelatin bisa diproses menjadi kolagen yang nantinya bisa berfungsi sebagai penjaga kesehatan kulit, kuku, rambut, dan tulang.

  • Mencegah flu dan sariawan

Bagi Anda yang sering memiliki keluhan flu atau sariawan, maka kolang-kaling bisa menjadi solusinya karena mengandung vitamin C  yang bisa mencegah terjadinya sakit flu dan juga sariawan.

Selain beragam manfaat di atas, ada satu lagi manfaat kolang-kaling bagi kesehatan, yakni melancarkan pencernaan. Salah satu faktor penyebab susah BAB adalah pola makan yang buruk, misalnya kekurangan serat buah-buahan, sayur-sayuran, sereal, dan cairan.

Nah, kandungan serat kasar dalam kolang-kaling mencapai 39%. Artinya, kandungan serat yang cukup tinggi ini baik untuk melancarkan BAB sekaligus menjaga kesehatan pencernaan Anda. Serat kolang-kaling yang masuk ke tubuh menyebabkan proses pembuangan air besar teratur sehingga dapat mencegah kegemukan atau obesitas. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here