Manfaat Konsumsi Kelapa Muda Pada Masa Kehamilan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Idealnya, tiga liter air diperlukan oleh ibu hamil setiap hari untuk mencukupi kebutuhan cairan janin dan tubuhnya. Selain air putih sebagai sumber utama, pemenuhan kebutuhan cairan juga dapat dibantu dengan mengkonsumsi sumber cairan lainnya, salah satunya air kelapa muda. Air kelapa adalah minuman bebas lemak yang menyehatkan dan menyegarkan serta bermanfaat bagi kesehatan.

Ketika sedang hamil, segala sesuatu yang dimakan atau diminum secara langsung akan memengaruhi janin dalam kandung. Oleh karenanya, sangat penting untuk menghindari obat-obatan serta makanan atau minuman yang berpotensi mengandung senyawa berbahaya. Air kelapa adalah minuman alami yang tidak mengandung bahan kimia seperti pemanis, pengawet atau pewarna buatan.

Banyak orang beranggapan bahwa minum air kelapa selama hamil membuat bayi menjadi putih dan bersih. Ini hanyalah mitos. Pasalnya, ada sejumlah faktor yang akan menentukan bagaimana dan akan jadi seperti apa kulit bayi Anda. Genetik Anda dan pasangan, riwayat kesehatan keluarga, dan kondisi kesehatan saat hamil, semuanya diperhitungkan dalam hal ini. Dengan demikian, warna kulit bayi tidak ditentukan oleh seberapa banyak air kelapa yang Anda minum selama kehamilan.

Terlepas dari mitos tersebut, air kelapa memang bermanfaat bagi kehamilan. Air kelapa mengandung nutrisi penting kalsium, magnesium, natrium dan fosfor. Karena kombinasi nutrisi tersebut, air kelapa menawarkan sejumlah manfaat baik bagi kehamilan, diantaranya:

  • Menjaga kesehatan ginjal. Air kelapa muda bertindak sebagai diuretik, yang membantu untuk meningkatkan produksi urin karena mengandung magnesium, kalium dan mineral lainnya. Peningkatan aliran urin membantu menjaga saluran kemih tetap bersih serta menurunkan risiko timbulnya masalah ginjal seperti batu ginjal, infeksi saluran kemih dan infeksi ginjal di masa kehamilan.
  • Menyediakan elektrolit penting. Elektrolit dalam tubuh biasanya hilang melalui muntah yang parah, olahraga berat atau diare. Air kelapa menyumbang asupan elektrolit (kalsium, natrium, kalium dan fosfor) yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama periode morning sickness.
  • Baik untuk pencernaan. Minum air kelapa memberikan manfaat baik untuk pencernaan, yaitu memperkuat sistem pencernaan, mencegah sembelit serta memelihara dan mengatur kadar pH guna meningkatkan metabolisme dan mendetoksifikasi tubuh. Sebagai penetral asam alami, air kelapa juga dapat meredakan dan mencegah heartburn selama kehamilan. Selain itu, kandungan seratnya membantu mencegah sembelit.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Air kelapa mengandung asam laurat, yang bertanggung jawab untuk produksi asam yang disebut “monolaurin” yang dapat mencegah penyakit seperti flu dan HIV. Air kelapa juga dikemas dengan berbagai sifat antibakteri, antijamur dan antivirus. Ini berarti air kelapa dapat membantu menjaga kesehatan dengan memberikan perlindungan terhadap infeksi baik itu karena bakteri, virus ataupun jamur.
  • Menjaga tekanan darah. Ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi. Air kelapa mengandung kalium dan magnesium, yang membantu untuk menjaga tingkat tekanan darah. Kalium juga membantu untuk mengimbangi tingkat natrium dalam darah sehingga sistem tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Untuk memperoleh manfaat-manfaat tersebut, pilihlah kelapa muda yang berwarna hijau karena airnya akan terasa manis dan lebih menyegarkan. Pastikan meminum air kelapa segera setelah kelapa dipotong agar nutrisinya tetap utuh. Perlu diingat pula bahwa konsumsi air kelapa berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan. Kuncinya adalah moderasi. Air kelapa muda dapat dijadikan sebagai variasi untuk asupan cairan Anda. Anda dapat bertanya pada dokter mengenai berapa banyak kelapa muda yang ideal untuk menjaga kesehatan kehamilan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY