Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil dan Menyusui

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, pernahkah Anda bertanya-tanya bahwa ibu hamil dan ibu menyusui sangat disarankan untuk makan kurma? Jika ya, apa manfaat kurma bagi mereka? Artikel berikut akan menjawab semua pertanyaan Anda.

Apa Saja Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil dan Menyusui?

Persiapan yang diperlukan untuk memiliki buah hati memang sangat lah banyak. Baik itu persiapan fisik maupun psikologis. Ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda jika dibandingkan dengan wanita pada umumnya karena sangat membutuhkan banyak nutrisi dan gizi. Sehingga ibu hamil bida lahir sehat dan proses melahirkan bisa lebih lancar.

Nutrisi dan gizi sangat lah penting bagi para ibu hamil. Bukan hanya mengkonsumsi susu formula, tapi juga butuh mengkonsumsi sayur dan buah. Banyak sekali manfaat dari kurma bagi kesehatan, khususnya bagi para ibu hamil dan ibu menyusui.

Beberapa manfaat kurma bagi ibu hamil ialah sebagai berikut:

  • Sumber Energi

Satu butir kurma yang terkandung serat pangan dan glukosa sehingga mengandung sumber energi bagi tubuh. Jadi saat hamil, setelah melahirkan, dan sedang menyusui ada baiknya untuk konsumsi kurma sehingga dapat mengembalikan energi yang sudah terkuras saat proses melahirkan

  • Menyehatkan Pencernaan

Ketika hamil sistem pencernaan sering mengalami gangguan, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi karena di dalamnya banyak sekali vitamin dan kandungan gula yang alami.

Kurma mengandung banyak serat sehingga melancarkan BAB. Proses BAB pada ibu hamil harus lah lancar karena ibu hamil tidak diperbolehkan mengejan secara keras karena ditakutkan jahitan akan robek.

  • Rahim Kembali Mengecil

Kurma banyak terkandung hormon potuchsin yang fungsinya untuk memperkecil pembuluh darah di dalam rahim dan membantunya untuk semakin mengecil seperti semula.

  • ASI Semakin Lancar

ASI ekslusif sangat baik untuk bayi yang usianya 2 tahun. ASI tidak dapat diganti oleh apapun. Mengonsumsi kurma dapat melancarkan ASI secara alami sehingga ibu menyusui dianjurkan sekali mengonsumsi kurma.

  • Pertumbuhan Gigi Semakin Baik

Kurma bagi ibu hamil sangat baik bagi janin di dalam perut. Kurma juga mengandung kalsium sehingga dapat merangsang nutrisi agar gigi pada janin setelah lahir nantinya lebih cepat tumbuh gigi.

  • Memenuhi Kebutuhan Zat Besi

Kurma banyak mengandung zat besi yang dapat memenuhi kebutuhan zat besi bagi tubuh sehingga produksi hemoglobin serta sel darah menjadi lebih lancar. Apabila pembentukannya lancar maka ibu hamil tidak akan mengalami anemia. Zat besi yang dalam kurma sangat baik untuk menguatkan tulang bagi para ibu hamil.

Demikian informasi mengenai manfaat kurma untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca untuk terus mengkonsumsi kurma ketika masa kehamilan dan menyusui. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here