Manfaat Latihan Peregangan atau Stretching

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Peregangan atau stretching adalah aktivitas meregangkan otot yang bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas (kelenturan) otot dan jangkauan gerakan di persendian. Aktivitas peregangan ini merupakan bagian penting dari latihan olahraga atau program rehabilitasi pasca cidera. Peregangan juga dapat membantu pemanasan tubuh sebelum melakukan aktivitas fisik, sehingga mampu mengurangi resiko kecelakaan dan nyeri otot. Apa manfaat dari melakukan peregangan atau stretching? Berikut beberapa manfaat melakukan peregangan.

  1. Meningkatkan Kelenturan (Fleksibilitas)

Kelenturan (fleksibilitas) adalah jangkauan atau derajat peregangan otot. Kelenturan tubuh yang kurang baik bisa menyebabkan gerakan lebih lamban dan rentan terhadap cidera otot, ligamen dan jaringan lembut lainnya. Cara terbaik meningkatkan fleksibilitas adalah dengan latihan stretching atau peregangan.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Dengan melakukan latihan peregangan dapat meningkatkan aliran darah ke otot. Karena pada saat melakukan stretching maka akan meningkatkan aliran darah yang membawa nutrisi ke otot dan membuang limbah metabolisme dari otot. Meningkatnya aliran darah juga dapat mempercepat pemulihan cedera sendi atau cedera otot.

  1. Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi

Meningkatnya fleksibilitas atau kelenturan karena latihan peregangan akan meningkatkan keseimbangan dan koordinasi anggota tubuh. Keseimbangan dan koordinasi yang baik dapat mengurangi resiko jatuh dan membuat gerakan lebih gesit.

  1. Mengurangi rasa Nyeri Punggung bagian bawah

Otot yang kaku dan tegang pada punggung bagian bawah, hamstring dan pinggul adalah salah satu penyebab umum nyeri punggung bagian bawah. Dengan meregangkan otot-otot di area punggung dan paha akan meredakan rasa nyeri tersebut.

  1. Mengurangi Stress

Mengurangi kekakuan dan ketegangan otot melalui peregangan atau stretching dapat membantu relaksasi syaraf dan mengurangi tensi pikiran. Sehingga dapat mengurai stress setelah berativitas seharian.

  1. Meningkatkan Kemampuan Fisik

Umumnya atlit seringkali mengandalkan kontraksi otot secara maksimal. Setiap atlit harus melakukan peregangan atau pemanasan sebelum latihan atau bertanding. Hal ini bertujuan untuk meregangkan otot-otot sebelum digunakan untuk aktivitas yang berat.

  1. Mempercepat Pemulihan Setelah Berolahraga

Bagi olahragawan, peregangan selain meningkatkan fleksibilitas juga dapat mempercepat pemulihan fisik setelah berolahraga.

  1. Mengurangi Kolesterol

Penelitian juga menunjukkan bahwa dengan rutin melakukan latihan peregangan yang berkepanjangan, seperti yoga, dapat membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. tentu saja harus dilakukan dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Melakukan stretching juga dapat mencegah, bahkan membalikkan pengerasan pembuluh darah, sehingga memungkinkan Anda untuk menghindari penyakit jantung.

  1. Meningkatkan Produsi Cairan Synovial Persendian

Cairan synovial yang terdapat di area persendian berperan sebagai pelumas yang mengurangi gesekan persendian ketika sedang bergerak. Cairan ini juga membantu membawa nutrien dalam jaringan persendian. Salah satu manfaat dari melakukan latihan peregangan atau stretching adalah membantu meningkatkan produksi cairan synovial. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here