Manfaat Luarbiasa Buah Mengkudu untuk Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mengkudu merupakan salah satu buah yang familiar di telinga Anda bukan? Buah dengan nama lain noni fruit ini terkenal dengan baunya yang kurang sedap. Namun ternyata, banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat sesunguhnya dari buah yang mempunyai bentuk aneh tersebut. Mengkudu  mempunyai berbagai macam manfaat dan khasiat untuk kesehatan yang belum banyak diketahui. Apa saja manfaat dan khasiat buah mengkudu untuk kesehatan?

Dalam buah mengkudu, terdapat zat yang berfungsi untuk mengatur dan membentuk sel-sel tubuh manusia.  Manfaat mengkudu paling utama adalah  meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh dengan mengatur fungsi sel dan meregenerasi sel tubuh yang telah rusak. Selain itu, buah mengkudu juga dapat membantu menormalkan tekanan darah tinggi, melawan jaringan tumor maupun kanker, penghilang rasa sakit dan mengatasi alergi serta peradangan.

Menurut penelitian, di dalam buah mengkudu terdapat spektrum  fitokimia (zat kimia alami pada tumbuhan). Fitokimia ini sangat membantu dalam penyembuhan berbagai macam penyakit dan kaya akan zat anti oksidan. Beberapa zat bermanfaat tersebut diketahui hanya terdapat di dalam buah mengkudu. Zat-zat fitokimia apabila bereaksi di dalam tubuh maka akan menghasilkan energi penyembuh yang sangat mengagumkan.

Selain bermanfaat dalam memperbaiki sistem jaringan sel manusia, buah mengkudu juga berfungsi dalam mengatasi gangguan pencernaan seperti keracunan karena makanan, radang pada lambung, dan perut kembung. Gangguan pada sistem pernapasan seperti batuk, TBC, bahkan asma. Dan untuk gangguan penyakit kulit seperti luka bakar, bisul dan kudispun tidak luput dari manfaat buah berwarna kekuningan dengan bercak-bercak hitam ini.

Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan ketombe atau rambut rontok, ternyata buah mengkudu juga punya khasiat yang baik untuk mengatasi kerontokan rambut, mencegah timbulnya ketombe dan mengembalikan warna rambut yang telah memutih. Selain  menyembuhkan berbagai keluhan diatas, obat herbal ini sangat alami dan tidak akan menimbulkan efek samping apapun jika dikonsumsi, tentu saja dengan batas-batas dan resep yang disarankan oleh tenaga kesehatan.

Zat-zat bermanfaat dalam buah mengkudu :

  • Zat terpenoid. Zat terpenoid pada buah mengkudu bermanfaat sebagai pemulihan sel tubuh dengan prosesnya yang disebut sintesis organik.
  • Segala nutrisi bisa ditemukan dalam buah mengkudu, seperti vitamin, protein, dan mineral lengkap. Antioksidan dalam buah mengkudu yang disebut selenium merupakan antioksidan yang sangat luarbiasa.
  • Zat anti bakteri. Buah yang bersifat patogen ini bisa menghambat perkembangan bakteri yang terdapat dalam tubuh manusia. Berbagai bakteri dalam dihambat dengan konsumsi rutin buah mengkudu. Bakteri-bakteri itu antara lain : E coli, Pseudomonas aeruginosa, Bacillus subtilis, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Salmonella, S. Typhi, Scotmuelleri, Shigella dusenteriae, S. pradysenteriae.
  • Zat anti kanker. Buah mengkudu mencegah menyebaran sel-sel abnormal yang berakibat besar bagi tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh.
  • Zat ini dapat mencegah bakteri yang mengakibatkan peradangan.
  • Asam kapril
  • Serat
  • Metil
  • Xeronine dan Proxeronin
  • Zat bioaktif.
  • Zat iridoid.

Efek samping konsumsi buah mengkudu

Meskipun mempunyai manfaat yang luarbiasa, konsumsi buah mengkudu harus sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan. Ada beberapa batasan dimana Anda tidak boleh mengkonsumsi buah mengkudu dalam jumlah berlebihan. Jika Anda termasuk salah satu dari daftar di bawah ini, Anda harus memperhatikan asupan buah mengkudu untuk dapat merasakan khasiat dan manfaatnya.

  • Ibu hamil dan menyusui. Kandungan zat dalam buah mengkudu untuk tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Pada beberapa kasus, buah mengkudu digunakan untuk aborsi dan menggugurkan kandungan, maka dari itu untuk para ibu yang sedang hamil dan menyusui untuk tidak menggunakan mengkudu sebagai obat herbal.
  • Mempunyai masalah ginjal. Kandungan kalium pada buah mengkudu tidak baik untuk penderita ginjal, beberapa kasus memungkinkan konsumsi mengkudu akan menjadikan masalah ginjal semakin parah.
  • Penderita liver. Bagi para penderita liver diharapkan untuk tidak mengkonsumi mengkudu karena kandungannya yang akan menjadi boomerang bagi penderita liver.

Buah mengkudu memang punya manfaat luarbiasa dalam mengobati berbagai keluhan, mulai dari buah, batang, bunga, hingga akarnya, namun Anda sebagai konsumen juga harus cerdas serta  mempertimbangkan segala aspek agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Yuk sehat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here