Manfaat Madu Bagi Kesehatan Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Madu merupakan jenis cairan yang dihasilkan oleh lebah. Rasanya yang manis dengan banyak manfaat membuat madu dapat dijadikan sebagai salah satu bahan alami untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat madu telah dijelaskan dalam Al-qur’an surat An-Nahl ayat 69 yang artinya “Kemudian makanlah dari segalam macam buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu)”. Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia.

Manfaat madu tidak hanya digunakan untuk mengobati segala penyakit, akan tetapi madu juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Madu dapat dikonsumsi oleh siapa saja mulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan lansia. Berikut ini beberapa manfaat madu bagi anak, diantaranya sebagai berikut:

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Ganguguan pencernaan yang terjadi pada anak disebabkan karena anak memiliki kebiasaan yang cenderung tidak memperdulikan kebersihan badan dan makanan. Sehingga untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan anak anda dapat gunakan madu sebagai alternatif. Madu berfungsi untuk menetralisir virus dan bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan.

  1. Meningkatkan perkembangan otak

Madu memiliki kandungan zat gula yang dapat meningkatkan perkembangan otak si kecil. Anak merupakan masa dimana otak masih dalam tahap berkembang. Sehingga anda dapat memberikan madu secara rutin pada anak.

  1. Meningkatkan masa pertumbuhan

Kandungan zat besi dan tembaga yang terdapat di dalam madu berfungsi untuk menunjang pertumbuhan anak secara optimal. Berikan madu secara rutin pada anak agar masa pertumbuhan anak dapat berlangsung secara optimal yang di sertai dengan olahraga dan asupan nutrisi seimbang.

  1. Meredakan batuk

Pada saat anak mengalami batuk banyak hal yang membuatnya tidak nyaman salah satunya pola tidur yang tidak nyenyak. Untuk mencegah kondisi batuk yang lebih parah anda dapat memberikan 1 sendok madu sebelum makan.

  1. Menyembuhkan luka

Madu dapat dijadikan sebagai anti bakteri yang dapat menyembuhkan luka. Anak-anak memiliki resiko jatuh karena banyak hal yang belum di mengerti si kecil. Apabila anak terjatuh oleskan madu pada bagian luka untuk mencegah terjadinya infeksi.

  1. Sumber vitamin

Anak membutuhkan banyak vitamin dengan bermacam ragam vitamin. Madu dapat dijadikan sebagai sumber vitamin yang baik untuk di konsumsi anak.

  1. Sumber energi

Madu memiliki kandungan fruktosa yang dapat memenuhi kebutuhan harian energi anak. fruktosa merupakan pemanis alami yang dapat dijadikan sebagai sumber energi.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan mineral dan vitamin yang terdapat di dalam madu dapat berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh anak yang sangat aktif melakukan banyak hal.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Kandungan fruktosa dan glukosa di dalam madu sangat baik dalam memperbaiki napsu makan. Apabila anak mengalami penurunan napsu makan yang kurang. Anda dapat memberikan madu untuk meningkatkan napsu makan si kecil. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here