Manfaat Mandi dengan Air Hangat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mandi dengan memakai air hangat menjadi alternatif pilihan setiap orang, khususnya yang sedang mengalami keletihan hingga badan pegal–pegal. Terlebih jika kondisi tubuh tidak sedang fit, maka mandi dengan air hangat menjadi salah satu pemulihan yang sangat disarankan oleh dokter. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini manfaat-manfaat mandi dengan air hangat.

Mandi dengan air hangat dapat mengatasi batuk.

Bagi pembaca yang sedang terserang batuk, tidak ada salahnya untuk menghindari mandi dengan air dingin dan beralih ke air hangat pada pagi serta sore hari. Mandi dengan air hangat dapat meredakan batuk, karena uap panas yang muncul juga ikut terhirup. Uap yang dihasilkan air panas juga dapat mengatasi hingus atau dahak, yang menjadi penyebab iritasi di tenggorokan.

Mandi dengan air hangat dapat mengatasi stres.

Stres yang melanda seseorang karena rutinitas sehari-hari, salah satunya dapat diatasi dengan mandi memakai air hangat. Setelah mandi menggunakan air hangat di sore hari, tubuh dan pikiran akan kembali lebih segar.

Mandi dengan air hangat dapat meringankan diabetes.

Bagi penderita diabetes, tidak ada salahnya mencoba mandi dengan air hangat pada pagi dan sore hari. Dengan mandi air hangat atau sesekali berendam kurang lebih setengah jam, dipercaya dapat menurunkan gula darah. Tentu saja hal ini dapat membantu penderita diabetes agar mengurangi ketergantungan pada obat-obat kimia.

Mandi dengan air hangat mampu menjaga kesehatan jantung.

Mandi dengan air hangat dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Alhasil ketika seseorang bangun, tubuh dapat kembali pada performa terbaiknya. Kesehatan organ tubuh termasuk jantung juga akan terjaga.

Mandi dengan air hangat mampu menjaga sirkulasi tubuh.

Mandi dengan air hangat mampu mengatasi rasa sakit di otot serta persendian yang diakibatkan otot sobek, artritis, atau kelelahan. Selain itu rasa hangat juga akan merangsang sirkulasi serta aliran pada darah. Kemudian terjadi pelemasan tendon, sendi, jaringan hingga otot. Meski tidak memulihkan secara cepat, namun mandi dengan air hangat mampu mengurangi sakit.

Mandi dengan air hangat dapat menjadi pemanasan.

Seseorang sebelum melakukan latihan atau olahraga, mandi dengan air hangat di pagi hari menjadi alternatif untuk memanaskan tubuh. Pasalnya ketika seseorang bangun tidur di pagi hari, otot mungkin saja masih dalam keadaan kaku. Hal tersebut tidak jarang mengakibatkan seseorang mengalami keram, hingga peredaran darah tidak lancar. Dengan mandi menggunakan air panas di pagi hari, mampu menjadi pemanasan dalam melancarkan peredaran darah sekaligus merenggangkan otot.

Mandi dengan air hangat dapat mengatasi insomnia.

Seseorang yang mengalami kesulitan tidur, perlu mendapatkan perhatian khusus. Salah satunya dengan memanfaatkan air hangat untuk mandi di sore hari. Air panas akan membuat otot-otot dan pikiran menjadi lebih rileks, sehingga kualitas istirahat akan semakin baik. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY