Manfaat Mangga Muda Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mangga adalah salah satu buah yang memiliki rasa yang khas yakni manis. Negara Indonesia patut mensyukuri kenikmatan dengan tumbuhnya berbagai jenis buah mangga yang cukup banyak. Berbagai jenis mangga tumbuh menyebar di seluruh Indonesia, ada mangga kaweni, mangga harum manis, mangga bapang, mangga golek, mangga madu, dan masih banyak jenis mangga lainnya yang namanya disesuaikan dengan daerah asalnya tumbuh. Buah mangga sangat cocok dinikmati pada daerah yang memiliki iklim tropis, sesuai dengan rasanya yang eksotis. Buah mangga dapat dikonsumsi secara langsung atau dapat diolah menjadi sebuah hidangan seperti kue dan campuran sop buah.

Buah mangga yang belum masak juga menjadi sorotan khusus bagi para wanita yang sedang melalui proses kehamilan pada trimester pertama atau biasa disebut dengan masa  ngidam. Mangga muda memiliki rasa yang berbeda dengan buah mangga yang sudah masak, rasanya lebih asam. Dalam buku berjudul Bukan Buku Resep Biasa karya Yantie, dijelaskan bahwa mangga muda baik untuk ibu hamil karena dapat membantu mereka untuk menjaga imunitasnya, mengatasi morning sickness dan membantu mengatasi konstipasi (susah BAB).

Kandungan buah mangga menurut buku karangan Lioni Ellis adalah asam aksorbat (Vitamin C), sedikit serat pektin dan juga asam tanat. Serat pada mangga sangat bagus untuk membantu proses pencernaan sehingga dapat membantu tubuh melakukan metabolisme dengan baik. Beberapa manfaat mengonsumsi buah mangga muda bagi tubuh yakni :

  1. Menjaga berat badan ideal. Dengan mengonsumsi buah mangga muda serta diimbangi dengan pola makan yang sehat diyakini dapat menjaga berat badan Anda tetap ideal. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan serat yang tinggi pada buah mangga dapat membantu mempermudah pembuangan sisa pencernaan. Selain itu, mangga muda memiliki enzim yang berfungsi untuk membantu menghancurkan kandungan lemak dan protein pada makanan yang telah dimakan. Dengan mengonsumsi buah mangga muda, sudah mampu membuat Anda merasa kenyang. Namun, jangan sekali-kali mengonsumi mangga muda ketika posisi perut Anda benar-benar kosong.
  2. Mencegah bau mulut. Mengonsumsi mangga yang masih mentah atau mangga muda diyakini dapat meningkatkan kebersihan gigi dan mulut, sehingga dapat mencegah masalah seperti bau mulut dan gusi berdarah. Vitamin C yang ada pada mangga muda berfungsi untuk menjaga dan memacu kesehatan pembuluh darah pada area mulut. Kandungan air yang terdapat dalam buah mangga muda juga mendukung dalam menyegarkan mulut, pasalnya mulut yang kering dapat mengakibatkan bau tak sedap pada mulut. Buah mangga muda dan buah-buahan lain yang mengandung vitamin C dan air yang tinggi seperti jeruk dan stroberi dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi bau mulut. Karena hal-hal yang alami biasanya lebih aman dan sangat jarang menimbulkan efek samping. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here