Manfaat Meditasi untuk Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Meditasi yang bermanfaat untuk menenangkan diri, memfokuskan pikiran serta terkoneksinya diri dengan hati, jiwa dan alam tidak hanya untuk orang dewasa, tapi juga anak-anak. Apalagi ada manfaat yang bisa didapat anak dari meditasi.

Pada dasarnya, metode meditasi untuk anak berbeda dengan meditasi pada umumnya yang dilakukan orang dewasa. Meditasi pada anak dilakukan melalui menggambar atau storytelling, demikian disampaikan praktisi meditasi. Meditasi merupakan praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran. Metodenya juga dilakukan bertahap dengan manfaat yang berbeda-beda.

Namun  metode seperti ini bisa juga efektif pada anak-anak, asalkan meditasi pada anak-anak dilakukan dengan teknik yang berbeda. Metode untuk anak-anak biasanya kita memakai metode menggambar atau storytelling, karena anak-anak berbeda. Dia agak sulit untuk berdiam diri selama 10 menit maka metode yang baik untuk anak ya dengan cara tersebut. Bagian menambahkan, dengan storrytelling, permainan dan warna-warna yang dipakai anak saat menggambar, emosi anak bisa diidentifikasi, sehingga coach pun tahu apa masalah yang ada di diri anak.

Meditasi bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi. Saat anak berkonsentrasi mereka memusatkan pikiran menjadi satu, mulai dari hati, pikiran dan jiwa. Manfaat lain meditasi untuk anak yakni meningkatkan perasaan aman, empati dan jiwa yang stabil. Tidak cuma itu, kepercayaan diri anak juga meningkat dengan meditasi. Saat anak percaya diri, mereka lebih siap menghadapi situasi.

Meditasi juga dapat membangun empati dan kebahagiaan pada anak. Dengan meditasi anak-anak terbantu mempelajari bagaimana membagikan cinta dengan orang lain.  Lalu, anak jadi lebih sabar dan pengertian, siap mendengarkan orang lain dan berempati. Salah satu studi yang dikutip dalam Slate Magazine melihat efektivitas program Mindful Schools pada sekitar 400 siswa sekolah dasar. Setelah lima minggu sesi meditasi, para guru melaporkan siswa jadi lebih fokus, mau berpartisipasi dan peduli.

Tata cara belajar untuk mempraktekkan meditasi ysng baik sangatlah berharga karena hal ini akan membantu anak menjadi orang yang lebih baik. Mempraktekkan meditasi akan membantu melatih pikiran anak menjadi terkonsentrasi dan tenang. Ini akan membuat pikiran anak kuat sehingga anak kita akan mampu menghindari melakukan atau mengucapkan hal-hal yang menyakiti atau merugikan diri sendiri maupun orang lain. Kekuatan pikiran ini akan membantu anak kita menguasai pikiran sendiri.

Untuk membantu keberhasilan anak dalam mempraktekan meditasi, adalah penting bagi kita untuk sebaik mungkin mengikuti instruksi-instruksi yang akan diberikan selama kursus. Ketika anak kita menjalani kursus, adalah juga penting agar bersedia mengikuti tata perilaku yang ada untuk menghindari melakukan tindakan-tindakan yang menyakiti atau merugikan diri sendiri dan orang lain.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here