Manfaat Melakukan Stretching Setelah Bangun Tidur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, sudahkah Anda melakukan stretching setelah bangun tidur? Stretching perlu dibiasakan karena manfaatnya ternyata sangat beragam. Artikel berikut akan mengupas tentang manfaat stretching setelah bangun tidur.

Apa Saja Manfaat Stretching Setelah Bangun Tidur?

Stretching merupakan hal sepele yang seringkali kurang dibiasakan oleh banyak orang ketika bangun tidur. Padahal di balik stretching ini manfaatnya sungguh besar. Beberapa manfaat dari stretching yang perlu Anda ketahui ialah sebagai berikut:

  • Menghilangkan Rasa Stres

Manfaat stretching yang banyak dilakukan oleh seseorang ketika bangun tidur ialah mengurangi stress. Rasa tegang pada otot bisa hilang dan kembali rileks ketika menggeliat sesudah bangun dari tidur, khususnya ketika bangun tidur di pagi hari. Terlebih jika diimbangi dengan olah tubuh peregangan otot ringan sehingga tubuh siap beraktivitas dengan kondisi yang bugar.

  • Sendi Tulang Mengalami Fleksibilitas

Setiap orang yang memiliki berat badan lebih karena pola makan yang buruk sering merasa tubuh menjadi kaku. Solusinya ialah melakukan stretching atau menggeliat sebelum dan sesudah tidur agar sendi yang kaku bisa kembali normal. Ketika sendi tulang lentur dan dapat bergerak normal tentunya aktivitas dapat dilakukan dengan baik tanpa merasa terganggu dengan berbagai persoalan pegal-pegal yang sering dialami oleh seseorang yang kurang bergerak.

  • Otot Mengalami Fleksibilitas

Saat aliran darah mengalir kurang lancar dengan posisi tidur, maka seringkali tubuh merasa pegal ketika bangun. Menggeliat atau stretching dapat. membuat otot tidak kaku. Otot tangan, kaki, punggung dapat ditarik saat melakukan stretching sehingga lebih fleksibel.

  • Aliran Darah Menjadi Lancar

Aliran darah bisa lebih lancar di dalam tubuh saat tubuh melakukan peregangan. Stretching tujuannya juga agar darah mengalir ke seluruh tubuh agar tidak merasa keram. Sehingga tubuh lebih sehat, ringan dan semangat beraktivitas. Zat yang menjadi penyumbat jaringan otot dapat dihilangkan, bahkan mampu mempersingkat masa penyembuhan cedera otot.

  • Meninggikan Badan Secara Alami

Saat melakukan stretching, maka tubuh menggeliat sehingga struktur tulang bisa kembali normal karena semalam biasanya sudah membungkuk saat tidur. Meskipun olahraga hasilnya akan lebih baik, tapi sendi tulang belakang bisa meregang dan melebar sehingga badan dapat menjadi lebih tinggi.

Stretching yang dilakukan saat pagi hari ketika bangun tidur dapat membuat otot semakin lentur. Jadi postur tubuh bisa bertumbuh secara normal dan sehat. Jika rutin melakukan stretching setiap pagi, biasanya seseorang akan sangat jarang merasa rasa sakit pada bagian otot tubuh.

Demikian informasi mengenai manfaat stretching setelah bangun tidur. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca. Kebiasaan stretching ialah kebiasaan yang baik yang perlu dilakukan secara rutin. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY