Manfaat Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap orang ingin memiliki gigi yang bersih, putih dan sehat. Kesehatan gigi juga mempengaruhi nafsu makan seseorang dan membuat kamu tidak percaya diri apabila mulut berbau. Hal ini tentu membutuhkan perawatan dan menjaga kebersihan gigi yang harus kamu lakukan setiap hari.

Mengosok gigi dalam sehari minimal 2 kali, hal ini tentunya merupakan hal yang harus anda lakukan agar gigi anda terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Selain menggosok gigi apakah anda mengetahui trik lain untuk perawatan gigi anda ?

Flossing adalah suatu istilah yang dipakai untuk merawat gigi menggunakan benang gigi. Selain menyikat gigi membersihkan gigi menggunakan benang gigi memiliki banyak manfaat yang akan anda dapatkan. Berikut ini manfaat membersihkan gigi dengan benang gigi diantaranya sebagai berikut :

  1. Mencegah gigi berlubang

Kerusakan dan pembentukan rongga pada gigi yang disebabkan oleh sisa makanan dapat di cegah dengan membersihkan menggunakannya benang gigi.

  1. Mencegah flak atau karang gigi

Sisa makanan menyebabkan flak dan bakteri pada gig. Merawat gigi dengan menggunakan benang gigi secara rutin dapat mengatasi masalah flak dan karang gigi.

  1. Mencegah bau mulut dan penyakit periodontal

Benang gigi mencegah terjadinya flak dan karang gigi hal ini mendukung pencegahan terjadinya bau mulut

  1. Mencegah gigi berubah warna

Perubahan warna gigi menjadi kuning merupakan efek dari seseorang yang malas membersihkan gigi. Membersihkan gigi dengan benang gigi dapat mencegah terjadinya perubahan pada gigi.

  1. Harga ekonomis

Benang gigi dapat di beli di apotek dan alfamaret. Rasa sakit pada saat menggunakannya minimalis asalkan penggunaannya sesuai dengan ketentuan.

Cara menggunakan benang gigi dengan baik dan benr yaitu :

  1. Gunakan benang gigi sesuai pilihan. Jenis benang gigi diantaranya nilon (multifilamen) dan PTFE (Monofilame).
  2. Ambil benang gigi sekitar 45 cm dan lilitkan pada ujung tangan sebagian besar
  3. Selipkan benang gigi secara perlahan-lahan ke sela- sela gigi
  4. Gesekan benang pada gigi membentuk huruf C. Jangan sampai menyentuh gusi karena akan membuat gusi terluka.
  5. Gerakan benang secara naik turun secara perlahan-lahan.
  6. Gesekan hal yang sama pada gusi yang lain.

Tips membersihkan gigi dengan benang gigi:

  1. Membersihkan gigi menggunakan benang dilakukan pada saat makan pagi, makan siang, dan makan malam. Apabila waktu anda sangatlah sibuk bersihkan gigi minimal sekali dalam sehari.
  2. Lakukan hal tersebut secara hati-hati dan jangan terburu-buru. Karena hal ini bisa menyebabkan luka pada gusi

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Rajinlah membersihkan gigi agar terhindar dari masalah dan kerusakan pada gigi. Selain itu kebersihan gigi akan mempengaruhi pola nafsu makan dan membuat napas terasa segar, sehingga akan lebih merasa percaya diri pada saat melakukan aktivitas sehari-hari. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here