Manfaat Membiarkan Anak Mandi Hujan-Hujanan dan Tipsnya Agar Aman

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap orangtua beranggapan jika anaknya hujan-hujanan maka setelah itu anaknya akan jatuh sakit. Apakah bunda masih beranggapan seperti itu? sebenarnya bukan hujan yang menyebabkan anak anda menjadi sakit akan tetapi penyebabnya yaitu anak anda terkena flu, bakteri atau virus. Tahukah bunda bahwa membiarkan anak mandi hujan-hujanan memiliki manfaat yang baik untuk si buah hati. Berikut ini beberapa manfaat jika anak mandi hujan-hujanan yaitu :

  1. Menambah pengetahuan anak

Membiarkan anak mandi hujan-hujanan bermanfaat untuk menambah pengetahuan anak, hal ini dapat bunda manfaatkan sebagai salah satu cara pembelajaran untuk mengajarkan anak mengenai alam. Misalnya bunda dapat menjelaskan dari mana asalnya hujan dan apa dampak yang akan terjadi apabila hujan tersebut terlalu lama.

  1. Menambah kemampuan fisik dan motorik

Hujan memiliki daya tarik sendiri bagi anak kecil karena anak tersebut dapat bermain dan menikmati mandi hujan dengan melompat, menongok ke atas melihat air hujan yang turun, menandah hujan dengan tangan, mencipratkan air, merasakan perubahan suhu dari panas ke dingin serta menggerakan seluruh tubuhnya. Hal tersebut menciptakan daya gerak dan aktivitas anak yang berfungsi untuk merangsang stimulasi motorik dan kemampuan fisik anak menjadi optimal, terutama tetesan air yang dapat merangsang kulit secara langsung.

  1. Merangsang kreativitas dan imajenasi anak

Mandi hujan-hujanan dapat merangsang kreativitas dan imajinasi anak. Dengan bermain menyenangkan di bawah tetesan air hujan akan membuat anak untuk mencoba berfikir kreatif mengenai hal yang ada di sekitarnya. Contohnya bermain perahu kertas digenangan air.

  1. Guyuran hujan yang sangat keras ketika seseorang berada dibawahnya maka rasanya hampir sama dengan berendam di jacuzzi.
  2. Kadar pH yang terdapat pada air hujan cukup sempurna sehingga baik untuk membersihkan rambut.
  3. Air hujan dapat mengeluarkan toksin dalam tubuh jika dicampurkan dengan garam

Setelah mengetahui beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, apakah bunda masih ingin melarang si kecil bermain dan mandi hujan-hujanan ? selain manfaatnya beberapa hal yang harus bunda ketahui mengenai tips agar anak tetap aman saat mandi hujan-hujanan, diantaranya yaitu :

  1. Jangan hujan di pertama kali

Sebaiknya jangan mengizinkan anak anda mandi hujan-hujanan dihari pertama muncul hujan (hujan pertama saat beberapa waktu tidak hujan), karena hujan pertama kali berfungsi untuk membersihkan polusi udara. Air hujan pertama kali turun akan membawa polusi udara tersebut sehingga tidak baik untuk kesehatan anak.

  1. Mandi menggunakan air hangat

Saat anak berada dalam kondisi basah kuyup setelah selesai mandi hujan-hujanan lepaskan seluruh pakaian anak untuk menghindari kelembaban tidak meresap hingga paru-paru. Kemudian bersihkan anak dengan mandi menggunakan air hangat untuk menyeimbangkan suhu dingin sebelumnya. Disarankan bunda menyuruh anak untuk berendam dan menggosok kaki menggunakan air hangat yang dicampurkan garam untuk meminimalisir bakteri yang menempel di tubuh anak.

  1. Beri asupan makanan hangat dan tidur

Setelah bermain dan melakukan aktivitas selama mandi hujan-hujanan anak akan merasa lapar, berilah makanan dan minuman hangat untuk menghangatkan organ tubuh bagian dalam. Setelah beberapa menit, anjurkan anak untuk tidur. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here