Manfaat Memeluk Anak untuk Kesehatan Psikologi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sebagai orang tua pasti akan rela melakukan apapun demi kebahagian dan kesehatan anaknya seperti membeli barang atau mainan yang mereka minta, pergi ke dokter segera setelah mereka sakit, memasakan makanan kesukaan dan lain sebagainya. Namun pernahkah anda mendengar bahwa pelukan itu baik untuk kesehatan anak?

Memang terdengar sepele atau kurang masuk akal jika pelukan saja bisa membuat anak sehat. Tapi memang benar adanya saat memeluk anak, anda akan membuatnya lebih sehat khususnya kesehatan psikologis. Hal tersebut telah dibuktikan oleh penelitian yang mengungkapkan bahwa sering memeluk anak akan membuat mereka hidup dan berkembang lebih baik. Lalu apa saja manfaat memeluk anak bagi kesehatan psikologisnya?

Berikut beberapa manfaat memeluk anak bagi kesehatan psikologisnya:

  1. Anak terhindar dari stress dan cemas

Aktivitas memeluk anak adalah salah satu kontak fisik yang berguna melepaskan zat kimia tertentu pada otak yang mana dapat membantu anak merasa bahagia dan menurunkan hormon stress pada anak. Salah satu hormon yang membantu anak jauh dari stress dan cemas adalah endorfin. Saat anda memeluk anak, hormon endorfin akan membantu mengurangi ketegangan saraf dan tekanan darah sehingga anak akan terhindar dari stress dan cemas.

  1. Menjadi anak yang penyayang

Jika anda ingin melihat anak anda tumbuh dengan pribadi yang empati dan penyayang, memeluknya saat kecil akan membantu terbentuknya pribadi tersebut. Sebab saat anda memeluk anak akan membuatnya merasa nyaman, rasa nyaman tersebut mengisyaratkan bentuk kasih sayang yang dapat mentransfer energi baik untuk anak dan nantinya ia juga akan menjadi anak yang penyayang.

  1. Membangun kedekatan emosional anak dan orang tua

Kedekatan emosional anak dan orang tua itu penting sehingga anak akan nyaman dan percaya pada orang tua. Dengan memeluk anak akan membantu meningkatkan kedekatan emosional anda dan anak. Bahkan jika anda memeluk anak kurang lebih selama 20 detik, tak hanya membuat anda dengan anak saja, tapi hal itu dapat membuat anak lebih cerdas, sehat dan bahagia.

Itulah manfaat dari memeluk anak bagi kesehatan psikologisnya. Dari manfaat di atas dapat kita simpulkan bahwa pelukan itu penting bagi anak, bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa anak kecil dan anak setidaknya membutuhkan 5 sampai 6 pelukan setiap harinya untuk bertahan hidup. Jadi mulai sekarang anda jangan ragu untuk memberi pelukan pada anak agar anak menjadi lebih sehat. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here