Manfaat Mencukur Bulu Kemaluan untuk Hubungan Seksual

www.cantik.co.id

SehatFresh.com – Perawatan rambut kemaluan atau dalam medis disebut bulu pubis, seringkali kurang mendapatkan perhatian ketimbang rambut kepala atau bulu ketiak. Padahal, mencukur rambut kemaluan atau setidaknya merawatnya memberikan manfaat bagi organ intim agar fungsinya terjaga dengan baik. Mencukur rambut kemaluan tidak hanya bermanfaat dari segi kesehatan, tapi juga bermanfaat untuk kenyamanan berhubungan intim. Berikut beberapa manfaatnya :

  • Kebersihan organ intim lebih terjaga. Area kemaluan yang lembab dan tertutup adalah tempat ideal untuk bakteri berkembang biak. Bila tidak dirawat, area kemaluan akan sering terasa gatal dan tidak nyaman. Memangkas rambut kemaluan adalah cara terbaik yang dapat membantu menjaga kebersihan organ intim dan juga menimimalkan risiko infeksi. Hal ini juga dapat mencegah bau tidak sedap karena partikel kotoran dan sel-sel kulit mati menjadi lebih mudah dibersihkan serta Anda juga terhindar dari risiko bersarangnya kutu kelamin.
  • Citra diri yang lebih positif. Sedikit rambut kemaluan membuat wanita merasa lebih feminin. Tak sedikit pula yang mencukur rambut kemaluan demi menyenangkan pasangan. Dikutip dari Psychology Today, sebuah studi yang melibatkan 2.453 wanita dewasa di Amerika Serikat menunjukkan bahwa mencukur rambut kemaluan dikaitkan dengan skor citra diri yang lebih positif berdasarkan Female Genital Self-Image Scale (FGSIS) dan juga mereka memiliki fungsi seksual lebih baik yang diketahui melalui pengukuran Female Sexual Function Index (FSFI). Ada beberapa alasan mengapa mencukur rambut kemaluan, FGSIS dan FSFI saling terkait. Salah satunya, ini mungkin menunjukkan bahwa mencukur rambut kemaluan membantu seorang wanita belajar merawat alat kelaminnya sehingga ia menjadi lebih bisa menghargai apa yang dimilikinya.
  • Membuat penis lebih terlihat besar ketika ereksi. Pada pria, rambut kemaluan yang rimbun dapat menutupi atau menyembunyikan bentuk penis ketika ereksi sehingga ukuran penis akan tampak lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Mencukur rambut kemaluan membuat penis terlihat jelas dan terlihat lebih besar ketika dalam keadaan ereksi maksimal.
  • Meningatkan potensi seksual. Ada yang menganggap rambut kemaluan yang lebat membuat seks terasa semakin bergairah, begitu pula sebaliknya. Literatur mengatakan bahwa rambut kemaluan berfungsi sebagai daya tarik seksual. Ini karena folikel rambut hampir selalu berdekatan dengan kelenjar yang menghasilkan feromon, yaitu molekul yang diproduksi oleh tubuh sebagai sinyal kimia untuk menarik perhatian lawan jenis. Akan tetapi, rambut kemaluan yang dipangkas rapi dan terjaga pula kebersihannya tentu akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang ketika berhubungan intim dengan pasangan, sehingga secara tidak langsung juga meningkatkan gairah seksual dan membuat orang itu lebih nyaman ketika berhubungan intim.

Setelah mengetahui manfaat dari mencukur rambut kemaluan, maka sekarang tidak ada alasan untuk malas merawat rambut di organ intim Anda. Tapi, tidak dianjurkan untuk mencukur habis rambut kemaluan. Menggunduli atau mencabuti rambut kemaluan dapat menimbulkan luka-luka kecil yang akan semakin memudahkan masuknya kuman. Luka tersebut juga mungkin menjadi sulit disembuhkan sehingga berisiko menjadi infeksi.

Rambut kemaluan tumbuh bukan tanpa alasan atau manfaat. Manfaat utamanya ialah sebagai pelindung area sensitif di sekitar kemaluan. Tapi, jika dibiarkan lebat dan kurang terawat juga kebersihannya dapat membuat rambut kelamin menjadi sarang kutu. Oleh karenanya, mencukur rambut kemaluan sangat dianjurkan. Dalam hal ini, mencukur bertujuan untuk merapikan dengan memendekkannya.

Sebelum mencukur, pastikan kebersihan alat-alat yang digunakan. Pangkaslah rambut kemaluan secara hati-hati serta bersihkan sisa-sisa rambut dengan sabun usai mencukur. Setelah digunakan, alat cukur wajib dicuci kembali dan disimpan di tempat yang bersih dan kering agar terhindar dari jamur dan bakteri. Selain itu, jangan gunakan alat cukur secara bergantian dengan orang lain.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY