Manfaat Mencukur Rambut Bagi Kesehatan Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak mitos beredar mengenai mencukur rambut bayi yang bisa membuat rambut bayi akan tebal jika nantinya tumbuh lagi. Selain itu, banyak orang zaman dulu mempercayai dengan mencukur rambut bayi akan  membuang sial. Namun, apakah manfaat sebenarnya dari mencukur rambut bayi? Mencukur rambut pada bayi memiliki manfaat bagi kesehatan bayi. Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat tersebut:

  • Untung membuang kotoran pada kepala bayi. Bayi lahir dengan membawa lemak dan kotoran yang menempel pada tubuhnya. Kotoran tersebut berasal dari rahim ibu si jabang bayi. Dengan mencukur rambut bayi yang baru lahir bisa membuang kotoran dan lemak tersebut yang menempel pada rambut.
  • Agar kepalanya tidak mudah iritasi. Seperti yang diketahui, kulit bayi masih sangat sensitif. Terkadang karena keringat, bayi bisa mengalami biang keringat, atau bisul kecil. Untuk mengurangi risiko tersebut, sangat disarankan untuk mencukur rambut bayi agar bunda bisa mengontrol kebersihan dan kesehatan kepala bayi. Selain itu dengan mencukur rambut bayi, mereka akan mendinginkan kepala sehingga tidak muncul keringat berlebih.
  • Bayi masih sering gumoh dan ngompol. Karena itu untuk menjaga agar tidak terlalu sulit menjaga kebersihan bayi, sebaiknya rambut bayi dicukur.

Apabila Anda sebagai orang tua merasa sayang untuk mencukur rambut bayi Anda, sekarang janganlah khawatir karena tentu saja rambut bayi Anda akan tumbuh kembali. Apalagi, jika rambut kedua orang tuanya lebat maka faktor genetik akan menurun ke bayi sehingga rambut bayi akan tumbuh dengan lebat.

Sebaliknya, bagi Anda yang mencukur rambut bayi Anda dan berharap bahwa di kemudian hari rambutnya akan tumbuh dengan lebat sebenarnya tidak ada fakta ilmiah yang membenarkan pendapat tersebut. Hanya saja, cukurlah rambut bayi Anda demi kesehatan dan kebersihannya.

Untuk mencukur rambut bayi pun harus dengan sabar dan perlahan. Mungkin bagi Anda orang tua baru, yang baru pertama kali ini harus mencukur rambutnya akan merasa takut dan khawatir. Jika Anda ragu, bisa meminta tolong kepada orang tua yang pastinya lebih berpengalaman. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mencukurnya sendiri.

Pastikan rambut bayi yang akan dicukur sudah dikeramasi terlebih dahulu. Walaupun sudah sangat berhati- hati, namun jika terjadi luka tidak akan menyebabkan infeksi karena kepala bayi sudah bersih.

Sebaiknya mencukur rambut bayi dilakukan saat bayi sedang tidur untuk meminimalisir gerakannya sehingga diharapkan tidak terjadi luka.

Jika terlalu sulit untuk mencukur rambut seorang diri, mintalah bantuan satu orang lagi. Seorang yang memangku atau menggendong bayi yang lain melakukan pencukuran.

Demikian tadi manfaat serta tips untuk mencukur bayi. Diharapkan Anda memiliki gambaran bagaimana untuk mencukur rambut bayi Anda. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here