Manfaat Mendaki Gunung Sebagai Tren Olahraga Baru

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Akhir-akhir ini, mendaki gunung sedang menjadi tren terbaru. Terutama di kalangan remaja. Jika pada zaman dahulu, melakukan pendakian gunung hanya dilakukan oleh para penggiat kegiatan alam, seperti organisasi lingkungan hidup atau organisasi mahasiswa pecinta alam, sekarang itu sudah tidak berlaku. Hampir semua remaja yang hidup di zaman sekarang ini, pasti pernah melakukan pendakian setidaknya satu kali seumur hidup mereka.

Banyak alasan para remaja ini melakukan kegiatan mendaki gunung, dari yang ingin berselfie di atas puncak atau dijalur pendakian, mengikuti trend, hingga mereka yang benar-benar menyukai kegiatan mendaki. Sayangnya, banyak dari mereka remaja awam yang melakukan pendakian, tapi tidak mengetahui apa saja SOP tentang pendakian gunung.

Nah, mendaki gunung sendiri sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi mereka yang melakukannya lho. Salah satunya adalah menyehatkan tubuh. Melakukan pendakian memang membutuhkan tenaga yang cukup. Mendaki gunung bukanlah hal yang mudah, membutuhkan banyak energi untuk bisa sampai di puncak. Tentu Anda tidak mau dong, jika harus dievakuasi, karena keadaan yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan.

Menyusuri jalur pendakian dengan medan yang sulit juga membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih keras. Secara tidak langsung, kebiasaan mendaki gunung secara tidak langsung membuat Anda terbiasa dengan kerja jantung dan paru-paru lebih keras. Ini juga membentuk kekuatan baru bagi jantung dan paru-paru. Selain itu, udara yang bersih di gunung membuat Anda merasa lebih segar saat menghirup udara yang terbebas dari polusi udara.

Kebisaan ini juga memperkecil resiko terserang stroke dan serangan jantung. Selain itu, kebiasaan menghirup udara segar dan bebas polusi juga akan meningkatkan kualitas darah dan oksigen yang ada dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan melakukan pendakian, otomatis tubuh akan lebih sering bergerak. Tidak hanya saat melakukan pendakian, Tapi juga saat melakukan persiapan menjelang pendakian. Nah, kebiasaan bergerak saat mendaki dan berolahraga prapendakian akan membuat badan lebih sehat dan kuat. Menghindari kebiasan malas bergerak yang akan membuat lemak menumpuk.

Saat melakukan pendakian, melewati jalur pendakian, membawa beban carrier yang berat akan membuat keringat bercucuran bukan? Nah lewat keringat, maka racun dalam tubuh akan dibantu keluar melalui keringat. Selain itu akan timbul rasa bahagia karena berkembangnya  hormon dalam tubuh.

Terbiasa dengan cuaca kestrem yang ada di gunung juga akan meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih baik dan lebih kuat. Sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit. Kepadatan tulang juga akan terjaga jika Anda melakukan pendakian. Dimana Anda akan berada di bawah matahari pagi, dan menyusuri jalur pendakian baik saat naik atau saat turun akan membantu menjaga kepadatan tulang Anda. (IKS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here