Manfaat Menerapkan Pola Hidup Sehat Sejak Dini

SehatFresh.com – Gaya hidup sehat akan memberikan manfaat yang sangat positif secara fisik, mental, sosial, dan akademis. Hal tersebut diperoleh dari asupan nutrisi yang tepat, aktivitas fisik yang cukup, serta praktik kebersihan yang baik. Kebutuhan gizi bervariasi tergantung pada tingkat usia, jenis kelamin, dan aktivitas. Pola makan sehat secara umum terwujud dalam diet seimbang yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein, dan produk susu rendah lemak. Anak-anak membutuhkan setidaknya 60 menit aktivitas fisik setiap hari. Kesadaran kebersihan yang baik akan memberi pengaruh positif pada karakternya ketika dewasa kelak.

  • Manfaat fisik

Gaya hidup sehat membantu anak menjaga berat badan yang ideal, membangun tulang dan otot yang kuat secara maksimal dalam masa pertumbuhannya. Dengan berolahraga dan asupan nutrisi yang tepat, berat badan yang sehat dapat menurunkan risiko anak mengidap diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Diet seimbang dengan makanan yang kaya akan sumber vitamin dan mineral meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga anak lebih kebal terhadap virus seperti pilek dan flu.

  • Manfaat mental

Asupan nutrisi yang tepat dan porsi aktivitas fisik harian yang cukup sangat baik untuk kesehatan mental anak. Seorang anak yang sehat secara mental akan menjadi lebih percaya diri dan lebih mampu menangani tantangan emosional. Aktivitas fisik atau olahraga akan merangsang pelepasan hormon endorfin, yang membantu anak merasa lebih bahagia dan lebih damai. Kualitas tidur juga akan menjadi lebih baik sehingga anak lebih berenergi menjalani aktivitasnya, yang pada gilirannya ini membuat anak merasa lebih baik secara emosional. Aktivitas fisik juga dapat membantu stres pada anak yang seringkali tidak disadari para orang tua.

  • Manfaat sosial

Seorang anak yang sehat secara fisik dan mental akan merasakan manfaat dari segi sosial. Anak yang sering melakukan aktivitas fisik di luar ruangan cenderung memiliki keterampilan interaksi sosial yang lebih baik. Hasil studi dari Tokyo Medical and Dental University menyebutkan bahwa gaya hidup sehat mengurangi kemungkinan anak menjadi korban bully di sekolah. Gaya hidup sehat yang disebutkan dalam penelitian ini ialah diet yang tepat, kebersihan yang baik, dan aktivitas fisik yang cukup.

  • Manfaat akademis

Gaya hidup sehat membantu anak berkembang secara akademis dan membuat anak tidak sering bolos sekolah karena sakit. Aktivitas fisik meningkatkan kemampuan seorang anak untuk waspada serta mengurangi kecemasan dan stres. Telah banyak penelitian yang menemukan fakta bahwa sarapan sehat membantu anak berkonsentrasi lebih baik pada tugas-tugas yang kompleks, mengingat informasi lebih cepat dalam pemecahan masalah.

Sumber gambar : www.cara-hidupsehat.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY