Manfaat Menghirup Udara Pagi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bangun pagi oleh beberapa orang adalah sesuatu yang sulit dilakukan. Jika Anda salah satunya, mulailah dari sekarang untuk membiasakan bangun pagi dan berjalan-jalan keluar untuk menghirup udara pagi. Tidak banyak yang menyadari bahwa hal sederhana, seperti menghirup udara pagi, bermanfaat baik bagi kesehatan. Apa sajakah manfaatnya?

  • Membersihkan paru-paru

Karena belum banyak asap kendaraan, udara di pagi hari memiliki kadar oksigen lebih tinggi ketimbang siang hari. Kadar oksigen yang lebih tinggi ini membuat menghirup udara pagi dapat membantu saluran udara pada paru-paru lebih melebar sehingga membuat aksi pembersihan racun pada paru-paru berjalan lebih optimal.

  • Menguatkan sistem daya tahan tubuh

Sel darah putih butuh cukup oksigen untuk melakukan pekerjaannya dengan baik. Dengan demikian, menghirup udara pagi juga dapat membantu sel darah putih untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit secara lebih efektif. Kadar oksigen yang tinggi dalam tubuh juga telah diteliti dapat membantu mencegah kanker dan memperlambat pertumbuhan kanker.

  • Menjaga tekanan darah

Menghirup udara dari lingkungan yang kotor membuat tubuh bekerja lebih keras karena berusaha mendapat asupan oksigen yang memadai. Hal ini bisa berdampak pada tekanan darah. Untuk Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, menghirup udara pagi yang segar dapat menjadi terapi sederhana yang membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

  • Melancarkan pencernaan

Siapa sangka ternyata menghirup udara pagi juga baik untuk pencernaan. Ini karena sel-sel pada sistem pencernaan membutuhkan oksigen yang cukup untuk memecah makanan dengan baik.

  • Merangsang pelepasan serotonin

Kadar serotonin dipengaruhi oleh kadar oksigen dari udara yang Anda hirup. Serotonin merupakan salah satu hormon yang membantu meningkatkan suasana hati dan menciptakan rasa bahagia. Dengan kata lain, udara pagi membantu merangsang pelepasan serotonin sehingga membuat Anda merasa rileks.

  • Lebih Berenergi dan Lebih Berkonsentrasi

Bangun siang dan tidur berlebihan biasanya membuat kepala terasa pusing dan malas melakukan apa-apa. Jika Anda sering merasakan hal seperti itu, cobalah untuk menghirup udara pagi dan rasakan perbedaannya. Udara segar di pagi hari akan membuat Anda lebih berenergi dan lebih berkonsentrasi. Agar berfungsi dengan baik, otak membutuhkan dua puluh persen dari kadar oksigen dalam tubuh. Semakin banyak oksigen yang masuk, otak akan semakin baik menjalankan fungsinya. Ketika tubuh memiliki energi dan kemampuan konsentrasi yang cukup, hari Anda pun akan menjadi lebih produktif.

Itulah beberapa manfaat menghirup udara pagi. Dengan bangun pagi dan merasakan segarnya udara di pagi hari, tentunya Anda akan lebih semangat menjalani hari. (RFZ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY