Manfaat Mengkonsumsi Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pembaca, tahu kah Anda manfaat jika mengkonsumsi jagung? Jika belum, ada baiknya membaca artikel tentang kandungan yang terdapat pada jagung ini. Jagung atau nama ilmiahnya Zea Mays dikenal sebagai tanaman pangan penghasil karbohidrat yang penting di dunia, selain gandum dan padi. Beberapa negara di Amerika Tengah dan Selatan, sebagian daerah di Afrika, dan sebagian daerah di Indonesia menggunakan jagung sebagai makanan pokok mereka.

Jagung Penting Bagi Tubuh

Manfaat jagung bagi kesehatan tubuh dapat dilihat dari nutrisi yang terkandung di dalam jagung tersebut. Jagung merupakan tanaman yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Sebagian masyarakat Indonesia juga menyukai jagung yang rasanya enak dan manis. Penyajiannya pun beragam, ada yang dikeringkan dan digoreng (marning), direbus, dibakar, dijadikan nasi jagung, dan masih banyak lagi.

Secara umum jagung memang dikenal sebagai obat herbal, program diet (pengganti nasi), dan lain sebagainya. Nutrisi yang terkandung dalam jagung sangat beragam, seperti karbohidrat, serat, vitamin, kalium, asam linoleat, asam folat, beta karoten, mineral, protein, dan lain sebagainya.

Manfaat jagung bagi kesehatan tubuh kita sebagai berikut:

  • Sumber asam linoleat. Asam linoleat merupakan asam lemak esensial yang sifatnya tidak jenuh dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Asam linoleat berperan sebagai asupan dan transportasi vitamin D yang dibutuhkan tubuh.
  • Menyembuhkan kanker. Kandungan asam fenolik-senyawa ferulic- agen anti kanker memang sudah terbukti secara efektif dapat memerangi tumor pada kanker payudara dan kanker hati.
  • Mencegah anemia dan mengebalkan sistem imun. Kandungan vitamin B12 yang terdapat dalam jagung dapat mencegah terjadinya anemia dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh.
  • Sumber vitamin C. Jagung mengandung vitamin C, karotenoid, dan bioflavinoid yang terdapat dalam jagung manis dapat menjaga kesehatan jantung tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.
  • Meningkatkan kesehatan organ pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dapat membantu proses pencernaan menjadi lebih lancar.
  • Sumber vitamin B5. Kandungan vitamin B5 berperan sebagai proses metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak yang diubah menjadi energy.
  • Sumber beta-karoten. Beta-karoten berperan penting dalam membentuk vitamin A di dalam tubuh sehingga bermanfaat bagi kesehatan mata dan kulit.
  • Menjadikan kulit awet muda. Antioksidan dalam jagung dapat membentuk jaringan kulit baru.
  • Sumber asam folat. Asam folat sangat dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah bayi lahir cacat.
  • Sumber mineral. Mineral yang terdapat dalam jagung yang didalamnya terdapat fosfor dapat berperan dalam kesehatan gigi dan tulang.
  • Meningkatkan daya ingat. Kandungan Thiamine dan vitamin B1 dapat mencegah penyakit yang berkaitan dengan daya ingat.
  • Sumber kalium. Kalium dalam jagung mengandung elektrolit yang berperan dalam menjaga keseimbangan air dalam tubuh. (MLS).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here