Manfaat Mengonsumsi Buah Pepaya Bagi Pencernaan dan Kecantikan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Di Indonesia, buah pepaya dapat dengan mudah ditemukan. Di kebun atau pekarangan rumah biasanya pohon ini ditanam oleh pemiliknya. Rasanya yang segar dan manis membuat banyak orang menyukai buah ini, apalagi jika sudah diolah menjadi es buah. Selain rasanya yang manis dan segar tersebut, pepaya menjadi satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat dari mengonsumsi buah pepaya, marilah kita ketahui terlebih dahulu mengenai kandungan yang terdapat pada buah pepaya. Buah pepaya yang berukuran sedang memiliki sekitar 120 kalori dengan 30 gram karbohidrat dan juga kandungan protein sebanyak 2 gram. Selain itu, buah pepaya memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi manusia seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, magnesium, asam folat dan masih banyak lagi.

Jika Anda memiliki masalah pencernaan yaitu di antaranya susah buang air besar, maka buah pepaya adalah salah satu cara alami sebagai solusinya. Pepaya memiliki kandungan serat dan papain yang cukup tinggi yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain masalah buang air besar yang tidak lancar (sembelit), pepaya juga bisa mengatasi masalah pencernaan yang lain seperti disentri, diare dan sebagainya.

Bagi Anda yang sedang dalam program diet, tentu saja hal ini bisa membuat Anda semakin menyukai buah pepaya ini. Karena dengan lancarnya buang air besar, akan membuat diet tidak terganggu. Jika Anda rutin minum jus pepaya, maka berat badan Anda diharapkan bisa berkurang.

Masih mengenai pencernaan, buah pepaya juga diketahui dapat mencegah kanker usus besar. Kandungan dalam pepaya juga bisa mengikis toksin dan risiko kanker kolon.

Selain masalah pencernaan, pepaya memiliki sangat banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan kandungan vitamin A dan C serta beta karoten, buah pepaya dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga kita tidak akan mudah terkena bermacam penyakit seperti flu, batuk, pilek dan demam.

Buah pepaya juga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Pepaya yang memiliki kandungan serat terlarut akan mampu menurunkan dan mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu, buah pepaya juga baik untuk mencegah penyakit jantung. Beberapa informasi meyakini bahwa kadar natrium yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan timbulnya serangan jantung. Dengan mengonsumsi pepaya yang mengandung kalium, maka akan melawan natrium yang tinggi sebagai penyebab dari serangan jantung.

Selain berfungsi untuk kesehatan tubuh kita, pepaya juga memiliki manfaat untuk kecantikan yaitu menghaluskan kulit dan menjaga kelembabannya. Dengan kandungan papain dan serat, pepaya dapat mengikis sel- sel kulit mati wajah Anda. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup menggunakannya sebagai masker wajah. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here