Manfaat Mengonsumsi Gandum Utuh Bagi Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gandum adalah makanan pokok yang saat ini banyak diminati. Sejarah tanaman gandum pertama kali dibudidayakan oleh masyarakat Turki. Gandum (Triticum spp) merupakan bahan pangan serealia yang pertama kali dibudidayakan umat manusia. Sementara itu, gandum pertama kali beredar di Indonesia pada masa pemerintahan Belanda.

Hingga saat ini, banyak masyarakat yang telah mengonsumsi gandum. Ketertarikan akan gandum tidak hanya sepintas pada tanamannya yang dapat diolah menjadi roti. Akan tetapi gandum memiliki beragam manfaat apabila diolah namun masih mempertahankan keutuhannya. Dalam arti bahwa kandungan gandum adalah lebih banyak jika dibandingan dengan bahan lain.

Gandum utuh adalah gandum yang tidak dimurnikan atau tidak digiling sehingga masih terdiri dari dedak dan benih. Gandum utuh mengandung serat, protein nabati, vitamin, mineral dan bermacam jenis kandungan yang bisa meningkatkan kesehatan. Bahan ini lebih kaya akan selenium, magnesium dan potasium.

Selain itu, gandum juga memiliki kandungan vitamin E dan asam lemak esensial yang pastinya bermanfaat untuk kesehatan. Produk yang terbuat dari gandum utuh di antaranya roti gandum, pasta gandum dan beras merah. Berikut ini adalah manfaat mengonsumsi gandum utuh bagi kesehatan:

  1. Menjaga berat badan ideal

Gandum mengandung serat, serat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan, salah satunya adalah memperlancar sistem pencernaan. Saat sistem pencernaan kita lancar, dapat dipastikan penyerapan nutrisi yang kita makan akan berlangsung dengan efektif dan membuat berat badan tidak mengalami kenaikan dari nilai normal.

Serat yang terkandung dalam gandum utuh sekali lagi memiliki peran penting yakni dapat membuat lemak pada perut Anda berkurang secara bertahap.

  1. Mencegah penyakit kardiovaskuler (pembuluh darah dan jantung)

Penyakit sistem kardiovaskuler merupakan penyakit yang bukan disebabkan karena faktor keturunan, sebagian besar penderitanya adalah orang yang menerapkan pola hidup yang kurang sehat dalam jangka waktu yang lama.

Penyakit yang dapat dicegah seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Pencegahanan dapat terjadi karena zat-zat di dalam gandum dapat menurunkan kadar kolesterol yang mampu memicu penyakit kardiovaskuler.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Seseorang yang menderita penyakit diabetes melitus (gula) biasanya sering merasa lapar, sehingga lupa mengabaikan jumlah asupan makanan yang dikonsumsinya, akibatnya kadar gula darah akan semakin naik. Solusi untuk para penderita diabetes melitus, sebaiknya dapat mengganti makanan biasa dengan gandum utuh.

Sebagai contoh nasi putih diganti dengan nasi merah, nasi merah merupakan olahan gandum utuh yang tinggi akan serat dan membuat kita lebih lama merasa kenyang. Jika nafsu makan dapat terkontrol dengan mengonsumsi gandum, maka kadar gula darah yang tinggi dapat berangsur-angsur menurun. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here