Manfaat Mengonsumsi Kedelai bagi Kesehatan Kulit

SehatFresh.com – Kedelai merupakan salah satu jenis tanaman polong-polongan yang cukup populer di dunia. Khusus di Indonesia, kedelai dikenal sebagai bahan dasar pembuatan tempe, tahu, atau kecap. Lantas benarkah kedelai bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit?

Kandungan nutrisi di dalam kedelai

Biji kedelai biasanya berbentuk bulat lonjong, namun ada pula yang bulat agak pipih. Kedelai sudah lama dikenal sebagai sumber protein nabati bagi tubuh, sehingga sangat sehat untuk dikonsumsi. Lantas apa saja kandungan nutrisi yang terdapat dalam kedelai?

Kedelai selain mengandung protein juga rendah lemak, tinggi serat, tinggi vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Kedelai juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber protein pengganti daging, khusus bagi seseorang yang vegetarian.

Kedelai tersusun dari 40 persen protein dan 20 persen lemak. Lemak yang terdapat pada kedelai terbagi menjadi lemak tidak jenuh dan lemak jenuh. Kandungan mineral dalam kedelai juga sangat banyak. Diantaranya adalah kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor. Sementara itu vitamin yang ada pada kedelai antara lain vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, dan E.

Kedelai dapat menjadikan kulit sehat

Kedelai yang banyak mengandung vitamin E, rupanya bisa membantu seseorang untuk memperbarui sel kulit yang mati. Pembaruan sel tersebut sangat penting guna mewujudkan kesehatan kulit. Alhasil guna mendapatkan vitamin E dari kedelai, seseorang dapat memakainya untuk lulur atau masker.

Bagaimana caranya? Langkah pertama adalah menghaluskan kedelai dengan sedikit air. Kemudian mengoleskan racikan tersebut pada wajah atau bagian tubuh lainnya. Biarkan kurang lebih 20 hingga 25 menit, tujuannya agar nutrisi meresap ke kulit. Setelah itu bilas kulit dengan air bersih.

Kedelai dapat dijadikan sebagai pelembab kulit alami

Seperti yang diketahui jika kedelai memiliki kandungan vitamin E yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kedelai juga bisa dimanfaatkan menjadi pelembap alami untuk menangani kulit yang kering atau terkelupas. Minyak kedelai juga memiliki kecenderungan yang lebih encer ketimbang minyak kelapa, sehingga lebih mudah meresap ke dalam kulit.

Kedelai dapat membantu dalam mencegah penuaan dini

Kedelai rupanya juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. Tanda-tanda penuaan yang umumnya muncul pada seseorang adalah berubahnya warna kulit, kulit keriput, muncul bintik hitam, dan garis-garis di sekitar bibir dan mata.

Fitoestrogen yang terdapat dalam kedelai bisa membantu tubuh untuk menghasilkan banyak hormon estrogen. Hormon tersebut yang rupanya berfungsi dalam mempertahankan elastisitas pada kulit. Kedelai juga mempunyai manfaat bio-lipid yang berfungsi untuk mencegah kulit keriput.

Kedelai dapat membantu dalam menjaga kuku sehat dan kuat

Apabila seseorang mempunyai masalah dengan kuku yang mudah rapuh dan patah, maka bisa memanfaatkan kedelai. Mengkonsumsi kedelai secara teratur bisa membantu seseorang dalam menjaga kekuatan kuku. Caranya bisa dengan mengoleskan biji kedelai yang dihaluskan dan dicampur air ke permukaan kuku. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here