Manfaat Menyusui Bagi Ibu

SehatFresh.com – ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Menyusui sejatinya merupakan ungkapan kasih sayang yang nyata dari ibu kepada bayinya. Hubungan batin antara ibu dan bayi akan terjalin erat karena saat menyusui bayi menempel pada tubuh ibu. Bayi bisa mendengarkan detak jantung ibu, merasakan kehangatan sentuhan kulit ibu dan pelukan ibu. Manfaat menyusui bukan hanya baik untuk bayi, namun juga memberi berbagai manfaat untuk ibu. Pemberian ASI dapat membantu pemulihan kondisi ibu setelah melahirkan.

Berikut adalah 5 manfaat yang bisa ibu dapat dari menyusui:

  1. Mencegah perdarahan
    Menyusui bayi segera setelah kelahirannya dapat mendorong terjadinya kontraksi rahim dan mencegah terjadinya perdarahan berlebih. Pada saat menyusui, maka akan terjadi proses rangsangan oleh hormon oksitosin, yang akan membantu dalam proses kontraksi rahim dan mengembalikannya ke kondisi semula serta mengurangi pendarahan pasca melahirkan.
  2. Mengurangi berat badan
    Menyusui juga ternyata dapat membantu ibu mengurangi berat badan. Menyusui sama halnya dengan membakar kalori sebesar 200 hingga 500 kalori per hari. Jumlah tersebut merupakan jumlah kalori yang sama jika Anda berenang selama beberapa jam atau bersepeda selama satu jam.
  3. Menurunkan risiko kanker
    Menyusui dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara, yang menjadi momok menakutkan bagi kaum wanita. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of National Cancer Institute, ASI juga dapat mencegah kekambuhan atau kematian akibat kanker payudara. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa menyusui juga dapat membantu menurunkan risiko pengembangan terkena kanker ovarium dan kanker rahim.
  4. Sebagai alat kontrasepsi
    Pemberian ASI secara ekslusif juga dapat berfungsi sebagai alat kontrasepsi. Meski hanya berlaku selama 4 bulan setelah melahirkan. Hisapan bayi pada puting payudara ibu dapat merangsang pelepasan hormon prolaktin. Hormon prolaktin ini dapat menghambat terjadinya pematangan sel telur sehingga membantu menunda kesuburan.
  5. Praktis dan ekonomis
    Apa pun kebaikan yang ditawarkan oleh susu formula untuk buah hati Anda, ASI eksklusif tetaplah menjadi makanan terbaik bagi bayi. Dibalik komposisinya yang sempurna, ASI juga sangat praktis dan ekonomis. Harga susu formula cenderung terus meningkat saat ini. Dalam hal ini, memberi ASI dapat mengurangi biaya susu formula yang cukup tinggi. Dengan menyusui, ibu juga tidak perlu tidak perlu repot menyiapkan susu formula serta tidak perlu repot untuk membawa semua perlengkapan susu bayi saat bepergian jauh.

Jangan mudah putus asa jika awal proses menyusui menghadapi berbagai masalah atau kesulitan sehubungan dengan pemberian ASI. Berkonsultasilah dengan dokter atau bidan untuk mencari solusi mengatasi masalah tersebut. Ibu harus yakin bahwa ibu mampu untuk memberikan ASI bagi bayi. Pikiran positif dan optimis dapat merangsang pelepasan hormon yang berhubungan dengan pengeluaran ASI.

Sumber gambar : www.doktercewek.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY