Manfaat Minum Susu Setiap Hari

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Susu merupakan salah satu bahan pangan terbaik karena mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Susu bisa berasal dari berbagai spesies dari hewan seperti sapi, domba, dan susu kambing. Ada juga banyak “alternatif susu” yang tersedia sekarang, seperti susu kedelai, dan susu almond. Sekarang ini, bahkan susu sapi hadir dalam banyak varietas termasuk varietas rasa seperti stroberi atau cokelat, susu bebas laktosa, susu dengan tambahan omega-3 dan susu rendah lemak.

Susu adalah sumber kalsium terbaik bagi tubuh kita. Kalsium melindungi tubuh kita dari keropos tulang, migrain, obesitas pada anak-anak dan membantu dalam menurunkan lemak yang tidak diinginkan. Kalsium memiliki banyak fungsi dalam tubuh, tetapi pekerjaan utamanya adalah mengembangkan dan memelihara kesehatan tulang dan gigi. Kalsium juga penting untuk pembekuan darah dan penyembuhan luka dan menjaga tekanan darah normal. Di usia lanjut, susu memberikan kecukupan asupan kalsium dan vitamin D yang dapat menurunkan risiko jatuh dan patah tulang.

Dalam masa pertumbuhan, anak-anak memerlukan berbagai nutrisi guna mengoptimalkan kebutuhan tumbuh kembangnya. Susu berfungsi sebagai penyempurna kekurangan nutrisi. Susu mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, karbohidrat atau gula, lemak, vitamin, mineral, serta air. Oleh karena itu, susu dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki nutrisi paling lengkap. Bila kebutuhan nutrisi pada tubuh kita tercukupi, anak-anak pun akan tumbuh sehat dan cerdas. Manfaat susu tidak hanya untuk anak-anak tapi juga untuk orang dewasa. Susu baik dikonsumsi  oleh mereka di usia produktif karena sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit seperti osteoporosis di kemudian hari, perlindungan terhadap kanker usus besar, dan kekokohan tulang.

Kandungan vitamin D dalam susu meningkatkan pertumbuhan tulang serta mengurangi risiko tulang rapuh. Hal ini juga mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Vitamin D membantu dalam pembentukan, pertumbuhan, dan perbaikan tulang. Vitamin D juga berperan penting dalam penyerapan kalsium dan fungsi kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan osteoporosis, depresi, kelelahan kronis, nyeri otot, PMS, hipertensi, dan kanker payudara dan kanker usus besar.

Mendorong anak-anak untuk minum susu akan berpengaruh pada kesehatan gigi juga. Susu melindungi permukaan enamel terhadap zat asam. Susu juga mengandung vitamin dan mineral untuk membuat Anda bugar, sehat dan kuat. Vitamin dan mineral dalam susu sangat baik untuk penglihatan serta kandungan karbohidrat dalam susu meningkatkan energi dan protein untuk perbaikan tubuh dan pertumbuhan. Selain itu, susu mengandung jumlah molekul air yang memadai untuk  membantu menjaga tubuh terhidrasi.

Setiap hari manusia membutuhkan asupan kalsium yang berbeda-beda sesuai rentang umurnya. Para ahli nutrisi merekomendasikan untuk mengonsumsi 2–3 porsi susu per hari untuk mendapatkan jumlah kalsium yang tepat atau kandungan nutrisi lainnya. Satu cangkir susu dianggap satu porsi. Susu memiliki daya cerna hampir 100 persen yang berarti hampir semua zat gizi dalam susu dipakai dalam metabolisme tubuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here