Manfaat Minyak Ikan pada Balita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Semasa kecil mungkin Anda masih ingat ketika disodorkan minyak ikan setiap hari oleh orangtua Anda sebagai sumber vitamin yang bermanfaat bagi otak dan tubuh. Meski zaman sudah berubah, nyatanya minyak ikan tetap menjadi salah satu tambahan asupan yang difavoritkan hingga sekarang. Suplemen satu ini boleh saja amis baunya dan tak seenak vitamin sirup dengan beragam rasa buah, tetapi reputasi minyak ikan sebgai suplemen yang baik untuk anak masih belum tergantikan hingga kini, selain itu kandungan yang dimiliki minyak ikan ada yang tidak dimiliki jenis suplemen lainnya.

Menurut peneliti dari sebuah study dari sebuah jurnal pediatrics di tahun 2003 telah menemukan kalau bagian yang memilih sebuah suplemen kandungan omega 3 ketika hamil dan ketika menyusui mengalami peningkatan dan meningkatkan kemampuan kognitif untuk anak anak di usia 4 tahun, dan menurut penelitian di tahun 2005 di sebuah study juga telah menyatakan kalau anak anak yang sudah sekolah dan di berikan kandungan omega 3 ini bisa mengalami peningkatan dengan cepat untuk membaca dan mengejar nilai dengan bagus.

Manfaat dari minyak ikan tidak hanya itu saja ada berbagai macam manfaat minyak ikan lainnya, seperti:

  • Membuat balita lebih cerdas. Studi dalam jurnal Pediatrics tahun 2003 menemukan bahwa calon ibu yang mengonsumsi suplemen omega-3 selama kehamilan dan menyusui, ternyata memiliki anak dengan kemampuan kognitif lebih tinggi saat usia mereka 4 tahun. Pada tahun 2005, studi lain menunjukkan bahwa anak-anak sekolah yang diberi suplemen omega-3 menunjukkan peningkatan kemampuan membaca. Otak anak tumbuh tercepat saat sebelum lahir dan terus tumbuh pesat di tahun pertama kehidupannya. Jadi, inilah waktu yang ideal untuk memberikan DHA dalam menu sehari-hari.
  • Meningkatkan fokus. Studi lain menemukan bahwa balita yang mamanya memiliki kadar DHA lebih tinggi dalam darahnya saat persalinan, lebih mampu mempertahankan fokus pada objek dibandingkan balita lain yang mamanya memiliki kadar DHA rendah.
  • Memperbaiki penglihatan. DHA telah terbukti membantu menajamkan penglihatan pada bayi.
  • Meningkatkan imunitas. DHA juga telah dikaitkan dengan peningkatan kekebalan tubuh. Dalam sebuah studi, balita yang mengonsumsi susu formula yang diperkaya dengan minyak ikan, memiliki kadar protein lebih tinggi-yang menunjukkan fungsi kekebalan tubuhnya-dibanding balita yang minum susu formula atau susu sapi saja.
  • Mencegah eksim. Menurut sebuah studi di Swedia, Omega-3 dapat mengurangi peradangan di seluruh bagian tubuh, termasuk kulit. Menambahkan potongan salmon atau tuna ke dalam MP-ASI anak sebelum usianya 9 bulan, dapat membantu melindungi anak dari risiko alergi.
  • Menambah nafsu makan. Cocok buat balita yang pemilih dan tak doyan makan.
  • Meningkatkan kemampuan baca anak.
  • Membantu mengatur keseimbangan mineral tulang dan jaringan di sekitarnya.
  • Membantu pertumbuhan rambut yang sehat & kuat.
  • Meningkatkan mood balita.

Melihat banyaknya manfaat minyak ikan pada balita maka tidak ada keraguan lagi untuk menambahkan ikan ke dalam makanan anak Anda kandungan DHA yaitu salah satu jenis omega-3 yang ada di dalamnya sangat baik untuk perkembangan otak anak.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY