Manfaat Minyak Ikan untuk Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Minyak ikan dalam bentuk cair ataupun kapsul baik untuk di konsumsi, karena kedua nya memiliki kandungan yang bisa menyehatkan tubuh dan juga bisa mencegah berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Manfaat utama minyak ikan bagi kesehatan terkait dengan kandungan tinggi asam lemak omega-3, Docosahexaenoic (DHA), asam eicosapentaenoic (EPA), asam alfa-linolenat (ALA),  dan asam Gamma-linolenat (GLA). Berbagai macam jenis ikan bisa menjadi sumber minyak ikan yang baik, seperti ikan makarel, herring, sarden, ikan todak, tuna, pilchard, ikan asin dan salmon. Umumnya minyak ikan diproduksi menggunakan ikan tuna sirip kuning, herring, makarel, sarden, dan salmon. Kualitas minyak ikan sangat tergantung pada jenis ikan apa yang diambil minyaknya.

Proses pengolahan minyak ikan umumnya menggunakan alat yang bisa memisahkan daging ikan dengan lemak nya. Lemak ikan yang telah terpisah dengan daging ikan akan diolah hingga menjadikan minyak ikan. Minyak ikan bagus di konsumsi oleh anak-anak yang ingin meningkatkan daya ingat karena asam omega-3 yang terkandung oleh minyak ikan memang akan memberikan nutrisi yang baik untuk otak sehingga baik di konsumsi. Minyak ikan tidak hanya diperuntukan ke anak-anak saja, untuk orang dewasa atau orang lanjut usia pun bisa mengkonsumsinya. Hal ini karena minyak ikan tidak bersifat jahat seperti minyak jenuh yang jika di konsumsi dapat meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh yang akan menimbulkan penyakit.

Banyaknya kandungan baik dalam minyak ikan membawa banyak manfaat bagi tubuh, berikut adalah beberapa manfaat dari minyak ikan tersebut:

  • Menjaga berat badan. Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Peter Howe di University of South Australia telah menunjukkan bahwa minyak ikan meningkatkan efektivitas latihan/olahraga dalam upaya untuk mengurangi berat badan. Relawan yang diberikan minyak ikan menunjukkan penurunan berat badan yang lebih besar, dibandingkan dengan mereka yang tidak.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan bermanfaat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara mempengaruhi jumlah dan aktifitas sitokin dan eicosanoid dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan pada tikus di Rumah Sakit Umum Veteran Taichung, Taiwan, memberikan hasil yang positif akan manfaat ini. Minyak ikan pada dasarnya memiliki potensi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan. Minyak ikan juga bermanfaat bagi penderita lupus, yaitu penyakit autoimun yang ditandai oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang organ dan jaringan sendiri.
  • Sifat anti inflamasi. Minyak ikan efektif mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan tubuh. Mengkonsumsi rutin suplemen minyak ikan atau kapsul bisa sangat membantu bagi yang menderita penyakit peradangan kronis. Bagi penderita penyakit Crohn yang sulit menyerap nutrisi, Suplemen minyak ikan adalah diet yang efektif. Dalam hal colitis, minyak ikan akan mencegah akumulasi leukotriene pada usus besar.
  • Menjaga kadar gula darah. Minyak ikan juga bermanfaat untuk membantu tubuh dalam menjaga kadar gula darah agar tetap normal.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY