Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Minyak zaitun adalah minyak yang terdapat pada buah zaitun. Minyak zaitun atau olive oil ini termasuk dalam kategori minyak sehat. Beberapa orang bahkan sudah mengganti minyak sawit untuk menggoreng dengan minyak zaitun, karena minyak zaitun ini memiliki lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari minyak zaitun atau olive oil bagi kesehatan Anda:

  1. Mencegah kanker

Untuk mencegah kanker, tubuh membutuhkan bahan makanan dan asupan yang mengandung antioksidan yang tinggi. Minyak zaitun memenuhi syarat tersebut. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak zaitun bisa mencegah tumbuhnya sel- sel kanker.

Antioksidan yang mengandung senyawa hidroksitirosol, memiliki fungsi menyeimbangkan kadar gula di dalam tubuh. Hal itu berfungsi untuk mencegah penyakit kanker tersebut.

  1. Menurunkan kolesterol

Manfaat lain dari minyak zaitun adalah untuk menurunkan kolesterol. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa minyak zaitun ini mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk mengontrol dan menurunkan kolesterol yang tidak baik di dalam tubuh. Dengan demikian, hal ini otomatis juga bermanfaat di dalam menjaga kesehatan jantung.

  1. Menyehatkan usus

Dalam minyak zaitun, terdapat senyawa yang bermanfaat untuk menjaga suplai darah ke usus sehingga menjaga kesehatan usus, senyawa tersebut adalah Oleuropein Aglycone.

  1. Mencegah diabetes

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah yang dapat menyebabkan penyakit diabetes mellitus.

  1. Menurunkan darah tinggi

Bagi penderita darah tinggi atau hipertensi, nampaknya minyak zaitun menjadi berita gembira. Karena minyak zaitun mengandung potassium, kalium, serat dan mineral yang dapat menurunkan darah tinggi.

Namun, menurut penelitian, tidak semua jenis minyak zaitun memiliki khasiat untuk menurunkan hipertensi. Minyak zaitun berjenis extra virgin saja yang mampu untuk menurunkan hipertensi.

  1. Mencegah konstipasi

Dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin akan mengurangi konstipasi atau kondisi seseorang tidak bisa secara teratur buang air besar.

Selain untuk kesehatan, minyak zaitun juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan di antaranya adalah:

  1. Menjaga kesehatan kulit. Antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel yang membantu Anda terhindar dari penuaan dini.
  1. Merawat rambut. Minyak zaitun memiliki banyak fungsi untuk menjaga kesehatan  rambut di antaranya adalah untuk mengatasi rambut rusak. Campuran bahan alami yang terdiri dari minyak zaitun, ekstrak melati, madu serta kelopak bunga mawar akan membantu Anda mengatasi rambut rontok dan bercabang. Campurkan semua bahan tersebut ke dalam botol, diamkan selama 24 jam. Setelah itu basahi rambut dengan air hangat dan oleskan ramuan tersebut. Pijat sampai merata kemudian bilas dengan air dingin.
  1. Melembabkan bibir. Campuran minyak zaitun dengan beeswaz atau lilin dari sarang lebah akan membuat bibir Anda sehat alami dan lembab.

Nah, banyak bukan manfaat dari minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan Anda. Alam memang telah memberikan segala sesuatu yang bermanfaat untuk kita, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya. (AYK)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY