Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Berjerawat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jerawat emang menjadi masalah yang serius bagi kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan jerawat dapat merusak penampilan seseorang, oleh karena itu berbagai cara dilakukan orang untuk menghilangkan jerawat, salah satunya yaitu dengan menggunakan minyak zaitun. Banyak sekali manfaat minyak zaitun untuk jerawat karena kompleksnya vitamin yang terkandung didalamnya, seperti vitamin A, B, C, E, polifenol, favonoid, lemak tak jenuh dan lain-lain yang berkhasiat sebagai anti-oksidan, anti-bakteri, dan anti-inflamasi.

Seperti yang banyak diketahui jika vitamin A sangat efektif untuk menghilangkan jerawat dan memulihkan kulit menjadi sehat kembali. Sementara, Polifenol dan Flavonoid sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi jerawat, menjaga kelembaban kulit dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan menangkal radikal bebas.

Minyak zaitun memiliki sifat noncomedogenic sehingga tidak akan menimbulkan jerawat maupun memperparah jerawat yang sudah ada. Dengan kandungan lemak tak jenuh dan vitamen E-nya yang berguna untuk melembabkan kulit, secara berangsur akan membuat kulit tampak kenyal dan awet muda. Selain itu, vitamin ini juga berguna untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

Minyak zaitun juga mengandung zat besi yang berguna sebagai antioksidan dan mengaktifkan fungsi vitamin B kompleks. Antioksidan diketahui bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit, menjaga kelembaban kulit, mengontrol produksi sebum pada kulit berjerawat, mengurangi inflamasi dan lain-lain. Anti inflamasi disini sangat berguna untuk meredakan peradangan akibat jerawat yang sedang memerah dan bernanah.

Ada banyak cara penggunakan minyak zaitun untuk mengatasi masalah jerawat dikulit wajah. Anda bisa menggunakan minyak zaitun murni atau juga bisa dicampur dengan bahan alami lainnya untuk meningkatkan efektivitasnya. Salah satu cara terbaik penggunaan minyak zaitun yaitu dengan memijat kulit dengan minyak zaitun setiap hari. Jika anda memiliki masalah jerawat yang cukup parah, anda bisa memijat kulit wajah anda dengan minyak zaitun sehari 2 kali.

Sebelum anda memijat, anda harus bersihkan terlebih dahulu wajah anda dengan air dan keringkan. Kemudian ambilah beberapa tetes minyak zaitun lalu pijatkan secara memutar pada wajah anda selama 5 menit. Setelah itu anda diamkan kurang lebih 20 menit agar minyak zaitun dapat diserap oleh kulit. Basuhlah wajah anda menggunakan air hangat tanpa menggunakan sabun. Anda lakukan ritual ini sebelum tidur setiap hari maka jerawat pada kulit anda akan memudar dengan cepat.

Untuk minyak zaitun yang dicampur dengan bahan herbal lainnya, anda bisa mencampurnya dengan minyak pohon teh, untuk cara penggunaanya anda campurkan kedua bahan tersebut kemudian anda pijatkan ke kulit wajah anda seperti cara yang telah kami terangkan diatas. Anda juga bisa mencampurkan minyak zaitun dengan baking soda. Campurkan kedua bahan kemudian anda oleskan pada kulit dan diamkan beberapa menit baru anda basuh dengan air hangat hingga bersih. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here