Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil

SehatFresh.com – Kehamilan bukanlah saat dimana Anda harus berhenti melakukan aktifitas secara total dan hanya berdiam diri di rumah saja. Kurangnya aktifitas fisik justru membuat badan menjadi kaku. Para ahli juga menyarankan wanita hamil untuk melakukan beberapa jenis olahraga yang ringan seperti berjalan-jalan kaki di sekitar rumah, melakukan senam hamil, yoga, berenang, dan jenis-jenis olahraga lainnya. Ada banyak manfaat yang bisa ibu hamil peroleh dari berolahraga.

Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari olahraga di masa kehamilan adalah peningkatan energi yang cukup signifikan. Di masa kehamilan, tubuh memerlukan banyak energi untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas yang dibebankan pada kita. Tidak hanya sebatas itu saja, olahraga juga dapat memperkuat sistem kardiovaskular yang membuat Anda tidak mudah lelah. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, maka Anda dapat melakukan beberapa olahraga ringan yang aman dan dianjurkan oleh dokter ahli semala 30 menit setiap harinya selama kondisi tubuh dalam keadaan stabil dan dianjurkan oleh dokter. Selama kehamilan, ibu juga perlu berkonsultasi secara rutin pada dokter atau bidan untuk mengetahui jenis aktifitas apa saja yang dapat Anda lakukan selama masa kehamilan sesuai dengan kondisi ibu dan bayi.

Keluhan tidur kerap dialami oleh ibu saat kehamilan menginjak trimester ketiga. Seperti yang Anda ketahui, beban yang harus Anda pikul di bagian depan tubuh semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Hal ini membuat ibu kesulitan menemukan posisi tidur yang tepat. Olah raga akan membantu ibu melakukan berbagai pekerjaan dan menguras energi sehingga cukup membuat ibu cukup lelah. Hal ini membuat tidur ibu pun menjadi lebih nyenyak.

Olahraga pada masa kehamilan juga dapat meregangkan dan memperkuat otot-otot tubuh sehingga tubuh Anda bisa bekerjasama dengan lebih baik untuk mengurangi rasa sakit yang kerap dikeluhkan selama masa kehamilan. Umumnya, peregangan yang Anda lakukan mampu mengurangi rasa sakit pada bagian punggung yang selama ini telah menopang beban besar di bagian depan tubuh. Bukan hanya peregangan, melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan kaki santai juga mampu membantu meningkatkan sirkulasi tubuh. Selain itu, melakukan olahraga renang akan membantu menguatkan otot-otot perut.

Melakukan olahraga ringan selama masa kehamilan membantu menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Semakin baik tubuh ibu, maka semakin kuat pula kesiapan ibu dalam menghadapi persalinan. Persalinan merupakan perjalanan panjang yang membutuhkan stamina dan fokus. Berolahraga secara rutin dapat menunjang kesiapan fisik Anda agar persalinan lebih mudah dan lancar.

Sumber gambar : www.bidankita.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY