Manfaat Olahraga Bagi Wanita

SehatFresh.com – Bagi beberapa wanita, menurunkan berat badan adalah motivasi mereka untuk rutin berolahraga. Padahal, ada banyak manfaat lainnya dari olahraga untuk kesehatan wanita. Aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit, meningkatkan performa seksual, mengurangi stres, hingga membuat kulit lebih bersinar.

  • Pangkas risiko demensia

Tetap aktif dengan rutin berolahraga dapat meningkatkan fungsi pikiran sehingga bisa mengurangi risiko demensia, di mana otak mengalami kemunduran. Aktivitas fisik telah diteliti dapat meningkatkan fungsi kognitif pada orang tua yang sehat, dan mengurangi risiko penurunan kognitif dini.

  • Jauh dari osteoporosis

Kebugaran, terutama latihan beban, penting bagi kesehatan tulang. Olahraga memegang peranan penting dalam pencegahan osteoporosis, dan membantu mempertahankan massa tulang. Kepadatan tulang akan semakin baik bila seseorang melakukan aktivitas fisik secara teratur dengan porsi yang tepat.

  • Seks makin oke

Pada dasarnya, olahraga melatih sistem saraf simpatik yang mengalirkan aliran darah ke organ genital. Harvard School of Public Health menemukan bahwa 20 menit olahraga rutin sehari dapat meningkatkan respon seksual pada wanita. Ini membuat Anda lebih percaya diri dan berenergi ketika bercinta.

  • Cegah penyusutan otot

Seiring dengan bertambahnya usia, otot ikut menyusut. Olahraga teratur merupakan bagian integral dari penuaan sehat.

  • Lancarkan pencernaan

Gastroenterological Society of Australia menemukan bahwa olahraga membantu otot-otot usus memecah makanan dan memindahkannya melalui sistem dengan memperkuat otot-otot perut dan meminimalkan kelesuan. Ini membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.

  • Bantu redakan stres

Ketika berolahraga, neurotransmitter dan endorfin yang menjadi hormon penangkal stres akan dilepaskan. Selain itu, suhu tubuh yang meningkat membantu menenangkan saraf.

  • Produktivitas kerja meningkat

Olahraga merupakan faktor penting untuk meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan, termasuk juga kualitas kerja. Tidak meningkatkan rasa percaya diri di tempat kerja, olahraga juga membantu Anda mengambil peran kepemimpinan serta meningkatkan produktivitas dan fokus keseluruhan. Sebuah studi yang dirilis oleh American College of Sports Medicine menemukan bahwa 65 persen karyawan yang menjadi partisipan melaporkan peningkatan dalam mengelola waktu, serta peningkatan kinerja mental dan interpersonal secara keseluruhan ketika mereka bekerja siang hari.

  • Melindungi dari kanker

Beberapa studi menunjukkan bahwa risiko paru-paru, usus besar dan kanker payudara dapat ditekan sekecil mungkin dengan berolahraga. Tingkat estrogen tinggi terkait dengan kanker payudara. Wanita pasca menopause yang aktif secara fisik telah terbukti memiliki tingkat estrogen yang lebih rendah.

  • Kulit lebih bersinar

Bagaimana bisa olahraga membuat Anda tampak cantik? Olahraga meningkatkan aliran darah ke kulit. Studi juga menunjukkan bahwa olahraga membantu jerawat dengan mengontrol produksi hormon testosteron perangsang jerawat seperti DHEA dan DHT. Olahraga juga mendetoksifikasi kulit minyak dan kotoran, dengan mengeluarkannya bersama keringat.

Sumber gambar : fitnestips.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY