Manfaat Olahraga Sepakbola yang Dapat Dirasakan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Siapa yang tidak mengenali olahraga sepakbola? Sepakbola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang pemain inti termasuk penjaga gawang dan beberapa pemain cadangan. Biasanya olahraga ini dimainkan di lapangan dengan ukuran standar 110 kali 85 meter persegi dengan dua buah gawang di kedua ujungnya. Prinsip permainannya boleh dimainkan oleh seluruh anggota badan kecuali anggota tangan.

Pemain dalam olahraga sepakbola ini melibatkan remaja, dewasa hingga orangtua. Olahraga ini sering dimainkan pada remaja berkisar antara umur 12 hingga 22 tahun dimana pada masa ini, remaja mengalami pertumbuhan dan perkembangan fisik serta psikisnya. Lalu mengapa olahraga sepak bola menjadi salah satu olahraga yang paling banyak diminati oleh kalangan remaja di seluruh dunia? Karena ternyata olahraga sepakbola bisa menjadi olahraga yang mampu memberi manfaat dalam menyehatkan fisik dan psikis pemainnya.

  1. Berdampak pada kesehatan Psikis

Gerakan-gerakan sepakbola seperti menggiring, menendang, mengumpan, menggiring dan merebut bola dari lawan mampu meningkatkan daya konsentrasi, meningkatkan fokus dan melatih kecepatan pemainnya. Hal tersebut berdampak pada kemampuan untuk bekerjasama di dalam tim, meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan daya pikir pemainnya untuk berpikir secara cepat. Selain itu dapat mendewasakan sikap dan menghilangkan rasa bosan saat memainkannya.

  1. Berdampak pada kesehatan Fisik

Seperti olahraga lainnya, sepakbola mampu memberikan dampak positif pada tubuh pemainnya seperti

  • Menguatkan otot-otot

Olahraga sepakbola membutuhkan kecepatan dan kekuatan otot khususnya otot tungkai. Menurut Peter Krustup dalam jurnal studi Skandinavian Journal of Medicine and Science in Sports mengindikasikan adanya peningkatan kekuatan otot pada wanita yang bermain sepakbola rekreasi selama 16 bulan. Para wanita juga menunjukkan keseimbangan yang lebih baik dan kepadatan tulang yang lebih baik

  • Menyehatkan jantung

Selama permainan sepakbola berlangsung para pemain berjalan dan berlari hingga 5 mill dengan kecepatan yang berbeda-beda. Sehingga kegiatan tersebut melatih jantung untuk bekerja lebih baik. Prof Peter Krustup dan timnya dari Universitas Kopenhagen menjelaskan bahwa risiko seseorang mengidap penyakit jantung akan berkurang karena aktivitas ini membuat tekanan darah dan kolesterol menurun serta cara terbaik dalam membantu menurunkan berta badan.

Olahraga ini juga menunjukkan adanya perbaikan yang signifikan dalam pengambilan oksigen maksimal, peningkatan kecepatan lari dan daya tahan.

  • Membakar lebih banyak kalori tubuh

Gerakan-gerakan yang aktif dalam olahraga sepakbola menjadikan tubuh berkeringat sehingga mampu membakar kalori lebih banyak sehingga tubuh semakin sehat serta terhindar dari obesitas. Jika dilakukan secara berkelanjutan dapat membangun kebugaran jangka panjang dan efektif dalam membakar lemak.

  • Mengurangi Stres

Sepakbola merupakan olahraga yang mampu mengurangi tingkat stress pada seseorang. Olahraga ini mampu melepaskan hormon serotonin yang bisa membuat seseorang merasa senang. Dalam organisasi kesehatan non profit di Inggris Mental Health Foundation membuktikan bahwa olahraga sangat baik untuk mengobati depresi.

  • Menjaga daya tahan tubuh

Pemanasan dinamis seperti serangkaian gerakan sepakbola dan sedikit jogging sebelum permainan dimulai dapat meningkatkan suhu tubuh dan akan memberikan lebih banyak asupan oksigen pada tubuh sehingga mampu memberikan daya tahan yang lebih baik dari sebelumnya.

Selain manfaat kesehatan fisik dan psikis diatas, olahraga sepakbola juga dapat dimainkan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Mudah dimainkan, jelas permainannya dan merupakan olahraga yang murah. Beberapa sebab tersebut menjadi alasan mengapa olahraga sepakbola menjadi idaman yang digemari oleh para remaja di seluruh dunia. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here