Manfaat Olahraga Squat untuk Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Squat dalam bahasa Indonesi berarti berjongkok. Squat adalah salah satu jenis olahraga yang biasa dilakukan dengan cara menggunakan berat badan sebagai alat latihan, dalam istilah olahraga dinamakan dengan bodyweight training. Squat dapat dilakukan dimana saja, Anda tidak harus pergi ke tempat gym hanya untuk melakukan latihan squat. Gerakan squat cukup mudah, yakni dengan cara berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu Anda, setelah itu turunkan tubuh secara perlahan seakan-akan duduk. Tahan gerakan selama beberapa menit, setelah itu ulangi lagi gerakan squat sampai Anda merasakan otot perut menegang.

Gerakan-gerakan tersebut cukup mudah untuk dilakukan di rumah, apalagi bagi para wanita yang banyak melakukan aktivitas di rumah. Atau bagi Anda yang banyak melakukan kegiatan di luar, bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk melakukan kegiatan ini. Jika squat dilakukan secara rutin, Anda akan merasakan beberapa manfaat bagi tubuh Anda khususnya bagi para wanita.

Apa sajakah manfaat squat untuk wanita? Berikut ini adalah beberapa manfaat melakukan olahraga squat secara rutin bagi wanita:

  • Mengencangkan otot perut dan organ kewanitaan

Saat tubuh Anda menahan berat badan dalam posisi jongkok di dalam latihan squat, secara otomatis perut dan bagian organ kewanitaan akan tertahan (menekuk). Setelah tertekuk selama beberapa menit, kemudian Anda akan berdiri dan mengulangi gerakan yang sama. Bayangkan jika Anda rutin melakukan gerakan squat setiap hari, maka otot perut dan organ kewanitaan Anda akan terlatih. Dan sebagai bonusnya, otot perut dan organ kewanitaan Anda akan mengencang.

  • Menguatkan otot kaki

Dalam olahraga squat, kaki akan menjadi tumpuan selama Anda menahan tubuh. Koordinasi dari otot bagian pantat, paha, dan betis akan membantu melatih oto kaki menjadi kuat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

  • Membakar lemak dan kalori

Jika Anda sedang menjalankan program diet dengan berolahraga, jangan lupa untuk memasukan squat ke dalam daftar latihan fisik Anda. Karena gerakan dalam squat yang aktif dan dinamis ini bisa bermanfaat untuk membakar lemak dan kalori yang tertimbun di dalam tubuh Anda.

  • Melatih keseimbangan

Sering kali di dalam aktivitas sehari-hari menuntut kita untuk berdiri dengan satu kaki dan membawa beban (menggendong bayi, membawa barang belanjaan) ketika sedang bergerak. Aktivitas seperti itu sangat membutuhkan keseimbangan tubuh, dengan melakukan squat secara rutin, otot yang sudah terkoordinasi dengan baik akan memberi sinyal ke otak untuk selalu seimbang.

  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Gerakan-gerakan squat yang dilakukan secara berulang-ulang akan meningkatkan metabolisme di dalam tubuh Anda, sehingga proses pencernaan akan lancar. Tubuh akan mudah dalam menyerap nutrisi yang kita konsumsi. Toksin-toksin yang ada di dalam tubuh kita juga akan terbuang, maka dari itu wanita perlu untuk melakukan squat. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here