Manfaat Omega 3 yang Terkandung pada Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

0
1
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca tentu sudah banyak mendengar akan kegunaan penting omega 3 bagi kesehatan tubuh. Sebenarnya apa saja manfaat omega 3 yang terkandung dalam ikan?

Sumber Omega 3

Kandungan omega 3 banyak ditemukan di berbagai jenis ikan seperti salmon, tuna, mackerel, sarden, herring, troud, dan cod. Minyak ikan juga banyak ditemukan di berbagai jenis margarin atau mentega. Selain berasal dari ikan, omega 3 juga banyak ditemukan dalam daging sapi, telur ayam, minyak biji flax, kedelai jepang, dan walnut.

Manfaat Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh

Berbagai macam manfaat omega 3 bagi kesehatan tubuh, mencegah, dan mengobati berbagai penyakit seperti berikut:

  • Kesehatan mata. Omega 3 bermanfaat bagi kesehatan mata dan penglihatan secara umum, terutama pada bagian retina.
  • Mencegah stres. Omega 3 dapat mengurangi stres atau depresi. Omega 3 mempengaruhi otak untuk mengeluarkan zat antidepresan,
  • Mencegah pembekuan darah. Omega 3 dapat mencegah pembekuan darah karena sifatnya antikoagulan. Omega 3 mempengaruhi trombosit untuk mencegah pembekukan darah, sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar. Hasilnya akan terhindar dari penyumbatan pembuluh darah dan stroke.
  • Perkembangan janin. Omega 3 sangat dianjurkan bagi perkembangan kesehatan fisik dan mental pada janin.
  • Kesehatan otak. Omega 3 bermanfaat bagi kesehatan otak dan daya ingat. Omega 3 merupakan makanan bagi otak untuk perkembangan membran sel pada sistem neurologis. Sehingga perkembangan otak bagi anak-anak dapat berjalan maksimal. Termasuk untuk mencegah pikun.
  • Kesehatan jantung. Omega 3 dapat mencegah penyakit jantung karena  meningkatkan elastisitas arterial, sehingga mencegah adanya aritmia (detak jantung yang abnormal) dan tekanan darah yang tinggi.
  • Menurunkan kolesterol. Omega 3 menurunkan kadar kolesterol buruk, meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar (lemak dalam darah).
  • Menyembuhkan nyeri haid. Omega 3 dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri haid. Hasil
  • Menyembuhkan penyakit diabetes. Omega 3 sanagt bermanfaat bagi penderita karena menurunkan diabetes karena sifatnya yang dapat menurunkan trigliserida apoproteins.
  • Menyuburkan kandungan. Bagi pasangan yang sedang program hamil disarankan juga untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 karena dapat membantu kesuburan kandungan.
  • Meningkatkan penyerapan vitamin. Omega 3 merupakan nutrisi yang bermanfaat untuk menyerap vitamin dalam lemak, seperti vitamin A, D, E dan vitamin K. Vitamin tidak boleh terlepas begitu saja karena kaya manfaat seperti menyembuhkan infeksi, menjaga kesehatan mata dan kulit, sirkulasi jantung, dan pembekuan darah dan tulang yang kuat.

Demikian informasi mengenai manfaat omega 3 bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat bagi kesehatan para Pembaca. (MLS).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY