Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berolahraga. Beberapa olahraga tertentu mengharuskan bagian-bagian tubuh kita seperti otot, jantung, tulang dan sendi untuk bekerja lebih keras lagi. Oleh karena itu sebelum melakukan aktifitas olahraga, Anda harus melakukan pemanasan atau warming up. Pemanasan ini bertujuan untuk mempersiapkan dan melemaskan otot dan bagian tubuh lain agar tidak terjadi kejang atau kram selama berolahraga.

Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat dari pemanasan yang harus dilakukan sebelum olahraga:

  • Mencegah cidera

Selama ini orang mengetahui manfaat dari pemanasan adalah untuk mencegah terjadinya cidera selama melakukan aktifitas olahraga. Jika Anda tidak melakukan pemanasan, maka otot tubuh masih kaku dan dalam kondisi tidak siap untuk berolahraga. Hal tersebut bisa menyebabkan cidera seperti misalnya keseleo atau bahkan otot yang robek.

  • Tubuh menjadi lebih elastis

Dengan melakukan pemanasan sebelum olahraga, maka tubuh akan merasa lebih siap untuk melakukan olah raga sehingga bisa melakukan gerakan- gerakan dengan lebih bebas dan elastis. Selain itu, pemanasan juga menjadi satu upaya untuk menghindari kram otot.

  • Menyiapkan fokus

Fokus adalah satuhal yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam melakukan sesuatu aktifitas, begitu juga dengan olahraga. Anda juga bisa focus pada tujuan Anda dalam berolahraga sehingga mendapatkan hasil yang maksimal seperti misalnya Anda berolahraga dalam rangka mendapatkan berat badan ideal, maka Anda akan terus melakukan aktifitas tersebut hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Para atlet professional pun membutuhkan untuk fokus dan konsentrasi demi bisa melakukan yang terbaik, menang dalam sebuah kejuaraan misalnya.

  • Mengurangi risiko kelelahan

Tahukah Anda bahwa pemanasan sebelum berolahraga bisa membuatkita tidak mudah lelah? Dengan pemanasan, tubuh kita menjadi lebih siap untuk melakukan gerakan- gerakan selama berolahraga. Bandingkan dengansaat Anda tidak melakukan pemanasan, maka tubuh merasa belum siap dan kaget dengan gerakan- gerakan saat berolahraga, hal itu yang akan membuat Anda merasa cepat lelah.

  • Menyiapkan kerja organ jantung

Pernahkah ketika Anda melakukan pemanasan, Anda merasakan jantung Anda berdetak lebih cepat? Pemanasan sebelum berolahraga memang berfungsi untuk menyiapkan kerja jantung dengan membuat detak jantung meningkat.dan lebih siap untuk melakukan aktifitas berolahraga.

Saat olah raga telah selesai dilakukan, biasanya trainer akan membimbing Anda untuk melakukan pendinginan atau cooling down. Pendinginan tersebut bermanfaat untuk mengembalikan kerja jantung.

  • Memperlebar pembuluh darah

Dengan melakukan pemanasan sebelum berolahraga, maka akan membuat pembuluh darah melebar yang berfungsi untuk mengurangi hambatan aliran darah serta baik bagi jantung agar beban kerjanya tidak terlalu berat.

Setelah mengetahui manfaat dari pemanasan sebelum berolahraga, maka sebaiknya Anda mengawali kegiatan olah raga dengan pemanasan terlebih dahulu. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here