Manfaat Penggunaan Pil KB (Keluarga Berencana)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pil KB selain bermanfaat untuk menjadi pengalang dari kehamilan ternyata juga mempunyai banyak manfaat lainnya. Para peneliti di organisasi keluarga berencana Guttmacher Institute menemukan bahwa wanita yang menggunakan pil kontrasepsi memiliki tingkat pendidikan lebih tinggi dan stabilitas ekonomi yang lebih baik. Bahkan, pil KB dapat membuat hubungan dengan pasangan semakin romantis. Tidak hanya itu masih banyak manfaat pil KB untuk tubuh, berikut adalah beberapa manfaatnya:

  • Mengobati Endometriosis. Ini adalah sebuah kondisi di mana jaringan rahim bermigrasi dan menempel pada bagian rongga panggul. Hal ini sering menyebabkan rasa sakit yang luar biasa ketika menstruasi. Mengonsumsi pil KB dapat memperlambat atau menghentikan migrasi dan pertumbuhan jaringan rahim ke bagian lain dari saluran reproduksi Anda. Sehingga, rasa sakit selama datang bulan pun berkurang.
  • Membantu Meredakan Polycystic Ovary Syndrome (PCOS). Wanita dengan PCOS memiliki ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan mensturasi yang tidak rutin, rambut berlebih, obesitas, kista ovarium, masalah infertilitas, dan efek samping lainnya. Dengan mengonsumsi pil KB, hormon menjadi lebih seimbang sehingga siklus bulanan Anda akan datang secara teratur dan efek samping dari menstruasi pun akan mereda.
  • Mengurangi Kram Saat Menstruasi. Kram sering kali menjadi masalah kala menstruasi yang disebabkan oleh zat kimia bernama prostaglandin. Sebuah jurnal yang diterbitkan di Human Reproduction menemukan bahwa pil KB dapat mengurangi jumlah prostaglandin dalam tubuh.
  • Menghaluskan Kulit. Jerawat sering muncul di wajah diakibatkan karena tubuh memiliki hormon yang berlebih. Mengkonsumsi pil KB ternyata bisa berdampak menurunkan tingkat testosteron dalam tubuh sehingga kulit Anda akan menjadi lebih halus dan bebas dari jerawat.
  • Mencegah Anemia. Terkadang menstruasi menyebabkan Anda kehilangan banyak darah. Tidak jarang beberapa wanita mengalami anemia saat siklus bulanan datang. Salah satu solusi dari masalah ini adalah dengan menggunakan pil KB hormonal yang dapat membuat periode lebih pendek dan lebih ringan sehingga Anda terhindar dari rasa lelah dan lemah yang disebabkan anemia.
  • Melindungi dari Pelvic Inflammatory Disease. Pelvic inflammatory disease atau penyakit radang panggul adalah infeksi serius pada saluran reproduksi bagian atas yang dapat membahayakan kesuburan Anda. Kandungan progestin yang terkandung dalam pil KB hormonal dapat mengikat lendir serviks tebal sehingga mikroba sulit masuk ke leher rahim.
  • Mengurangi Peluang Terkena Kanker. Ternyata pil KB dapat menyeimbangkan hormon di dalam tubuh dan mengurangi peluang Anda terkena kanker. Hal tersebut pun didukung oleh studi tahun 2010 yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology mengungkapkan bahwa wanita yang menggunakan alat kontrasepsi estrogen-progestin memiliki risiko 50% lebih kecil terkena kanker ovarium dan endometrium.
  • Menjauhkan flu. Cuaca dingin identik dengan flu, terkadang penyakit ini juga muncul di waktu-waktu berbeda sehingga kadang dianggap mengganggu aktivitas. Penelitian menunjukkan, bahwa pil kontrasepsi dapat membantu tubuh melawan virus flu.
  • Menahan datang bulan. Tergantung pada bagaimana pil Kontrasepsi digunakan, pil KB juga mampu mengurangi atau mencegah datangnya menstruasi. Ini berarti, Anda memiliki lebih sedikit atau tidaknya mendapat tamu bulanan. Pil ini juga membantu Anda menghindari anemia, dan menjaga tingkat energi Anda teratur sepanjang bulan..
  • Membantu Anda tetap tenang. Anda tentu pernah merasa tersiksa saat datangnya siklus mentruasi. Mood yang naik dan turun ini disebabkan oleh progesteron dan estrogen, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan, kembung dan gejala lain yang menjadi “mimpi buruk” banyak wanita saat siklus bulanan ini datang. Pil kontrasepsi dipercaya dapat membantu mengatur hormon, dan ini akan membantu menjaga mood Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY