Manfaat Perawatan Saluran Akar yang Bisa Anda Coba

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca pernahkah Anda mendengar tentang perawatan saluran akar untuk perawatan gigi? Jika belum, penasaran apa manfaat dan bagaimana caranya? Simak artikel berikut ya!

Apa yang Dimaksud dengan Perawatan Saluran Akar?

Ada beberapa jenis perawatan saluran akar untuk merawat gigi yang berlubang. Perawatan saluran akar disarankan oleh dokter pada pasien yang sudah mengalami kerusakan hingga ke bagian pulpa yang mana ini merupakan bagian terdalam gigi yang dipenuhi dengan sel saraf yang sangat sensitive bila dirangsang. Gigi yang sudah berkembang penuh hanya dapat bertahan dengan adanya pulpa sebab gigi menerima asupan dari jaringan lainnya melalui pulpa

Tahapan Perawatan Saluran Akar

  • Tahap Pertama

Mahkota gigi akan dibur oleh dokter sehingga terbentuk jalan ke kamar pulpa. Apapun yang menempel pada gigi berupa karies dan tambalan yang menempel pada permukaan gigi dibuang.

  • Tahap Kedua

Bagian pulpa nantinya akan dikeluarkan dari kamar pulpa serta pada saluran akar gigi. Dengan menggunakan alat “file” maka saluran akar gigi akan dibersihkan. Kemudian gigi akan ditutup dengan pemberian tambal gigi sementara, sehingga kamar pulpa serta saluran akar pada gigi masih terjaga kebersihannya. Setelah waktunya cukup, maka pemberian tambalan dibongkar kembali pada saat pertemuan pada pasien yang selanjutnya.

  • Tahap Ketiga

Tahap yang ketiga ini, nantinya saluran akar gigi akan diisi dengan bahan steril yang dapat menolak bakteri masuk sehingga ruangan saluran akar gigi menjadi benar-benar kedap. Setelah selesai memasukkan bahan ini, kemudian seluruh bagian gigi dari bawah yaitu kamar pulpa sampai bagian atas yaitu mahkota gigi kemudian ditutup lagi dengan tambalan sementara.

  • Tahap Keempat

Dokter gigi akan kembali membongkar tambalan sementara dan kemudian akan diganti dengan tambalan tetap dengan membuatkan sarung gigi.

  • Tahap Kelima

Tahap terakhir ialah dengan mengevaluasi saluran akar, tambalan crown apakah sudah benar-benar efektif. Jika perawatan saluran akar sudah selesai, gigi dapat menerima nutrisi dari tulang dan jaringan lainnya sehingga menjadi lebih kuat.

Manfaat Perawatan Saluran Akar (PSA)

Manfaat adanya perawatan saluran akar pada gigi dapat dilakukan secara alamiah oleh dokter gigi sebagai berikut:

  • Secara estetika penampilan pada gigi akan lebih terjaga dan terlihat alamiah.
  • Mencegah kerusakan gigi berlubang, sehingga gigi tidak akan tergerus lebih dalam.
  • Kemampuan gigi dalam mengunyah menjadi lebih meningkat.
  • Mengembalikan kekuatan gigi dalam menggigit makanan.
  • Pembersihan saluran akar akan menghilangkan rasa sakit yang seringkali kambuh.

Demikian informasi mengenai manfaat perawatan saluran akar (PSA). Semoga Pembaca dapat lebih bijak lagi dalam menangani permasalahan gigi berlubang dengan mencoba melakukan perawatan saluran akar ini. (MLS).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY